Menu Click to open Menus
Home » Hukrim » LPK P2HI Apresiasi Gerak Cepat Polres Sumenep Amankan Pelaku Pemerasan

LPK P2HI Apresiasi Gerak Cepat Polres Sumenep Amankan Pelaku Pemerasan

(288 Views) November 6, 2018 12:06 pm | Published by | No comment

AWASNEWS.COM — Presiden Eksekutif Lembaga Pengawas Korupsi Dan Pemantau Penegak Hukum Indonesia (LPKP2HI) Moh. Hasan. Menyatakan mendukung dan mengapresiasi langkah dari pihak kepolisan yang telah mengamankan 6 orang yang mengaku sebagai Pegiat Anti Korupsi.

Ke-enam pelaku tersebut diduga kuat telah melakukan pemerasan dengan mengatasnamakan LSM, sehingga diringkus oleh Satuan Reskrim Polres Sumenep pada Selasa (6/11/18).

“LPK P2HI sangat mendukung langkah penegak hukum yang langsung merespon dan bergerak cepat menangkap oknum yang sengaja melakukan pemerasan dengan mengatasnamakan pegiat anti korupsi” papar Hasan, saat dihubungi Selasa malam (6/11) pukul 18:00 WIB.

Advokat yang berkantor di Simpang Dukuh 1, Surabaya itu menyanyangkan, adanya oknum-oknum yang ingin menguntungkan diri sendiri dengan memakai bendera pegiat anti korupsi namun pada akhirnya melakukan tindak pidana.

“Sangat disayangkan, mereka mengaku sebagai aktivis korupsi, namun memeras orang lain dengan modus menakut-nakuti instansi atau pejabat” kata Hasan.

Pihaknya berharap pada seluruh anggota LPK P2HI di seluruh Indonesia, Untuk bekerja profesional menurut tupoksi sesuai dengan AD/ART Lembaga.

Kalaupun ada anggota atau pengurus wilayah yang menemukan adanya indikasi tindak pidana korupsi yang dilakukan pihak tertentu, ia menegaskan untuk segera membuat laporan pada pejabat yang berwenang.

“Tidak ada kata nanti atau tunggu negosiasi. Proses, laporkan dan kawal sampai tuntas, sebab ini uang rakyat” tegasnya.

Seperti diketahui sebelumnya, pihak Polres Sumenep telah menangkap 6 orang anggota LSM yang diduga kuat telah melakukan tindak pidana pemerasan. Mereka diamankan setelah pihak kepolisian menerima adanya laporan dari masyarakat.

Kasubbag Humas Polres Sumenep Agus Suparno membenarkan kejadian itu, pihaknya saat ini mengaku masih melakukan pendalaman terkait kasus ini. Adapun pasal yang disangkakan pada ke-enam orang tersebut ialah pasal 365 KUHP.

“Masih dilakukan pendalaman, pasal yang disangkakan pasal 365 KUHP tentang pemerasan.” Ujarnya pada wartawan.

Untuk alat bukti, pihaknya menyatakan telah mengamankan sebuah unit mobil bernopol M 1755 VG, yang pada bagian kaca belakangnya bertuliskan LP-KPK Komcab, Sumenep, Jatim.@ [Jun].


Berita Terkait

No comment for LPK P2HI Apresiasi Gerak Cepat Polres Sumenep Amankan Pelaku Pemerasan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.