Menu Click to open Menus
Home » Hukrim » Penasihat Hukum Henry Gunawan Merapat Ke Jokowi-Ma’ruf, Ini Penyebabnya

Penasihat Hukum Henry Gunawan Merapat Ke Jokowi-Ma’ruf, Ini Penyebabnya

(75 Views) November 7, 2018 6:45 pm | Published by | No comment

AWASNEWS.COM — Yusril Ihza Mahendra, Penasihat hukum terdakwa kasus penipuan dan penggelapan kongsi pembangunan Pasar Turi, Surabaya Henry J Gunawan alias Cen Liang mengaku tak bisa melakukan komunikasi dengan Prabowo Subianto. Hal itu membuatnya pindah halauan dengan menerima tawaran sebagai Lawyer dari Pasangan Capres Jokowi-Ma’ruf.

“Jokowi-Ma’ruf tidak mengajak sebagai ketua partai dan tidak mengajak PBB, tapi minta saya sebagai advokat,” ujar Yusril, seperti dilansir Detik.com, Rabu (7/11).

Yusril juga mengungkap, akan hasil komunikasinya dengan Habib Rizieq yang sekarang diperiksa oleh otoritas keamanan pemerintah Saudi Arabia, bahwa sahabatnya itu juga sulit untuk berkomunikasi dengan Prabowo.

“Saat ini Habib Rizieq pun tidak bisa menelepon Pak Prabowo, jadi emang agak susah dihubungi, bagaimana diharapkan jadi ketua koalisi,” kata Yusril

Di Surabaya, Yusril dipercaya oleh Bos PT. Gala Bumi Perkasa Henry Gunawan. Untuk membelanya dalam deretan kasus penipuan senilai ratusan miliar.

Henry dilaporkan oleh tiga pengusaha asal surabaya, mereka adalah Shindo Sumidomo alias Asoei, Teguh Kinarto dan Widjojono Nurhadi atas dugaan penipuan dan penggelapan senilai 240 miliar.

Dalam perkara ini, terdakwa Henry telah didakwa melanggar pasal 378 KUH Pidana tentang penipuan dan 372 KUH Pidana tentang penggelapan.

Kasus tipu kongsi ini merupakan pidana ketiga yang dilakukan Henry. Kasus pertama, Henry terlibat penipuan jual beli tanah di Celaket Malang dan dihukum oleh Hakim PN Surabaya dengan vonis 8 bukan dengan massa percobaan 1 tahun.

Tapi vonis kasus ini ditambah oleh Hakim Pengadilan Tinggi Surabaya saat Henry melakukan banding. Hukuman Bos PT GBP ini diperberat menjadi 2 tahun penjara.

Sedangkan diperkara pidana kedua, Henry
Divonis 2,5 tahun penjara karena dianggap bersalah melakukan penipuan terhadap 12 pedagang pasar turi.@ [Jn]


Berita Terkait

No comment for Penasihat Hukum Henry Gunawan Merapat Ke Jokowi-Ma’ruf, Ini Penyebabnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.