Menu Click to open Menus
Home » Daerah » ” Pelayanan Keliling Penerbitan Akte Kelahiran “

” Pelayanan Keliling Penerbitan Akte Kelahiran “

(59 Views) November 10, 2018 6:56 pm | Published by | No comment

 

Kabid Pelayanan Pencatatan Sipil Ahmad Sofingi, menyerahkan Akte Kelahiran kepada petugas registrasi desa yang nantinya diserahkan ke warga.

AWASNEWS.COM, Madiun – Terkait banyaknya angka kelahiran di Kabupaten Madiun serta belum adanya akte kelahiran yang belum diurus oleh warga, untuk itu Pemerintah Kabupaten (Pemkab Madiun) melalui Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) mengadakan Pelayanan Keliling untuk menerbitkan Akte Kelahiran ke 15 Kecamatan se-Kabupaten Madiun dimana registrasi melalui desa masing-masing.

Seperti yang sampaikan Kepala Bidang (Kabid) Pelayanan Pencatatan Sipil, Ahmad Sofingi saat mengadakan kegiatan pelayanan keliling di Desa Sendangrejo Kecamatan Madiun,” dalam melayani masyarakat dalam pengurusan akte kelahiran sekarang tidak sulit, sekarang pihaknya jemput bola ke masing-masing desa seperti sekarang ini, kita melayani masyarakat datang langsung ke kantor desa yang ditunjuk untuk pelayanan penerbitan akte kelahiran yang langsung jadi,” jelasnya. (1/11/18).

Kabid Ahmad Sofingi menjelaskan,” seperti program Masmedi yang sudah dijalankan, warga hanya datang ke Dispendukcapil dengan membawa berkas langsung dilayani dengan waktu 15 menit jadi akte kelahiran sudah bisa dibawa pulang oleh warga. Bagi Anak yang belum memiliki akte kelahiran akan kita upayakan supaya segera memiliki akte kelahiran dari usia 0 – 18 Tahun,” terangnya.

Sedangkan untuk program Akte Online, untuk mengurusnya warga tidak perlu datang ke kantor Dispendukcapil. Pelayanan cukup dilakukan di desa, karena dari 206 desa sudah ada petugas registrasi yang menangani langsung warga yang belum memiliki akte kelahiran. Persyaratan mengurus akte kelahiran pun dipermudah, warga cukup mempersiapkan surat keterangan dari bidan, foto copy Buku Nikah dan KTP orang tua serta menunjukkan KK asli.

Ahmad Sofingi menambahkan,” dari target nasional 85 %, Kabupaten Madiun sudah melebihi. Untuk Tahun 2018 ini kita targetkan 95% makanya saya optimis tahun ini bisa tercapai, dari 15 Kecamatan yang belum kita datangi tinggal, Kecamatan Madiun dan Kecamatan Balerejo, minggu depan mungkin sudah selesai semua, dan saya berharap nantinya anak-anak di Kabupaten Madiun sudah mempunyai Akte Kelahiran semua,” pungkasnya. (Ben).


Categorised in:

No comment for ” Pelayanan Keliling Penerbitan Akte Kelahiran “

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.