Menu Click to open Menus
Home » Hukrim » Kadisbun Pemprov Jatim Mengaku Uang Suap Pada DPRD Berasal Dari Kantong Pribadi

Kadisbun Pemprov Jatim Mengaku Uang Suap Pada DPRD Berasal Dari Kantong Pribadi

(229 Views) November 12, 2018 7:46 am | Published by | No comment
Spread the love

AWASNEWS.COM — Kepala Dinas Perkebunan (Kadisbun) Pemprov Jatim non aktif Syamsul Arifin mengaku, Uang suap senilai Rp. 100 juta yang ia berikan pada mantan Ketua Komisi B DPRD Jatim, Muhammad Basuki bersumber dari kantong pribadi.

Pengakuan itu dituangkan lewat nota pledoi atau pembelaan yang dibacakan oleh kuasa hukumnya, Jamal Abdul Nasir, saat gelar sidang di Pengadilan Tipikor Surabaya, Senin (12/11/2018).

“Jadi bukan dari anggaran Dinas Perkebunan. Terdakwa ini rajin menabung dari hasil yang didapat sebagai narasumber dari berbagai seminar,” kata Jamal.

Diakui Jamal, praktik kotor suap menyuap di lingkup DPRD Jatim telah berjalan bertahun-tahun. Terlebih saat DPRD melakukan fungsi pengawasan dan pemantauan pada pelaksanaan peraturan daerah dan penggunaan anggaran.

“Terdakwa adalah korban sistem yang sudah berjalan bertahun-tahun” kata dia.

Kasus suap ini diungkap oleh KPK melalui Operasi Tangkap Tangan (OTT). Suap itu diberikan terdakwa Syamsul Arifien pada 13 Mei 2018 lalu.

Sebelumnya, ada 7 orang lainnya yang sudah ditetapkan sebagai terdakwa dari unsur anggota DPRD dan Pemprov Jatim.

Tujuh orang itu adalah Ketua Komisi B DPRD Jatim Mochammad Basuki, Staf DPRD Jatim Rahman Agung dan Muhammad Santoso, anggota DPRD Jatim Mohammad Kabil Mubarok, Kepala Dinas Pertanian Jatim Bambang Heriyanto, PNS Dinas Pertanian Jatim Anang Basuki Rahmat dan Kepala Dinas Peternakan Provinsi Jatim Rohayati. Mereka telah divonis oleh Pengadilan Tipikor Surabaya.@ [Jun].


No comment for Kadisbun Pemprov Jatim Mengaku Uang Suap Pada DPRD Berasal Dari Kantong Pribadi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.