Menu Click to open Menus
Home » Hukrim » Kejati Jatim Tahan Dua Tersangka Korupsi PT. Jamkrida

Kejati Jatim Tahan Dua Tersangka Korupsi PT. Jamkrida

(175 Views) November 14, 2018 12:07 pm | Published by | No comment
Spread the love

AWASNEWS.COM — Kejaksaan Tinggi Jawatimur (Kejati Jatim), melakukan penahanan pada Dua (2) tersangka kasus korupsi PT. Penjaminan Kredit Daerah (PT.Jamkrida), Rabu (14/11/2018).

Dua orang tersangka itu memiliki jabatan strategis di tubuh PT. Jamkrida. Meraka antara lain adalah Bugi Sukwantoro (Direktur Keuangan) dan Achmad Nurchasan (Direktur Utama)

Asisten Tindak Pidana Khusus Kejati Jatim, Didik Farkhan Alisyahdi menerangkan, kerugian negara dari kasus ini mencapai 6,7 miliar.

Sedangkan modus dari para tersangka melakukan aksinya adalah dengan cara mengambil uang perusahaan beberapa kali untuk kepentingan pribadi.

“Total kerugian Rp. 6,7 Miliar. Mereka mengambil uang sedikit-demi sedikit sampai 40 kali dari kurun waktu 2015 sampai 2017” terang Didik, di Gedung Kejati Jatim, Rabu (14/11/2018).

Diterangkan Didik, pihak kejaksaan akan terus melakukan pengembangan terkait kasus ini, bukan tidak mungkin setelah melakukan penyelidikan lanjutan pihaknya akan menemukan adanya tersangka baru.

“Sementara ini masih dua orang, kalau nanti ada keterlibatan orang lain kita akan melakukan pengembangan” terangnya.

Kasus korupsi PT Jamkrida ini diketahui berdasarkan laporan Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Terdapat anggaran Rp 6,3 miliar yang tidak bisa dipertanggungjawabkan.

Dana itu awalnya diperuntukkan bagi debitur yang mengalami gagal bayar. Namun oleh para tersangka uang tersebut digunakan untuk kepentingan pribadinya.

Tim Penyidik Pidana Khusus Kejati Jatim menjerat dua tersangka itu menggunakan pasal 2 dan 3, Undang-undang No. 31 Tahun 1999 sebagaimana diubah dengan UU No. 20 Tahun 2001, tentang Tindak Pidana Korupsi (Tipikor).

Adapun ancaman hukuman maksimal dalam pasal tersebut adalah 20 tahun dan minimal 4 tahun penjara.@ [Jun]


Berita Terkait

No comment for Kejati Jatim Tahan Dua Tersangka Korupsi PT. Jamkrida

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.