Menu Click to open Menus
Home » Hukrim » PT.Merpati Tidak Jadi Pailit, Homologasi Untuk Sementara Diterima Hakim

PT.Merpati Tidak Jadi Pailit, Homologasi Untuk Sementara Diterima Hakim

(74 Views) November 14, 2018 8:20 am | Published by | No comment
Spread the love

AWASNEWS.COM — Pengadilan Negeri (PN) Surabaya, mengabulkan Permohonan Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang (PKPU) PT. Merpati Nusantara Airlines (PT.MNA) pada sejumlah kreditur baik itu separatis maupun konkuren.

Dikabulkannya PKPU itu lantaran majelis hakim menyatakan, homologasi atau perdamaian yang dilakukan oleh PT MNA dan para krediturnya dianggap sah dan memenuhi syarat.

“Majelis Hakim menyatakan sah perdamaian yang dilakukan antara Merpati dengan para krediturnya sebagaimana telah disepakati bersama,” kata Hakim Ketua Sigit Sutriono, Rabu (14/11).

Disisi lain, pihak Merpati juga harus menyelesaikan utang kepada para kreditur dengan jangka waktu tertentu meski dalam sistem dicicil. Apa bila dalam jangka waktu yang telah ditentukan itu pihak Merpati tidak dapat melaksanakan pembayaran utang-utangnya, maka PT MNA secara otomatis akan dipailitkan.

“Kalau tidak ditepati ya Pailit” Kata Sigit Sutriono.

Dijelaskan Sigit, diakabulkannya Homologasi itu bukan berarti PT MNA sudah mutlak bebas dari ancaman pailit. Isi dari proposal perdamaian itu harus di-implementasikan dan dilaksanakan sesuai dengan yang telah disepakati.

Suntikan modal sebesar Rp. 6,4 Triliun dari PT. Intra Asia Corpora juga mempengaruhi isi putusan dari Majelis Hakim, Namun modal tersebut juga tidak dapat dicairkan langsung, mengingat masih banyaknya proses yang harus dilalui oleh PT. MNA.

Perkara PKPU/Pailit 4/Pdt Sus-PKPU/2018/PN. SBY ini diajukan pertama kali oleh PT. Parewa Catring, salah satu kreditur konkuren PT. MNA.

Saat pengajuan PKPU itulah diketahui PT Merpati Nusantara Airlines memiliki hutang sebesar 5,2 Triliun pada 222 Kreditur konkuren.

Tak hanya kreditur konkuren saja, PT Merpati Airlines juga berhutang kepada tiga kreditur separatis, dua diantaranya adalah Departeman Keuangan dan Otoritas Bandara. Nilai hutangnya sebesar Rp 3,3 triliun.

Sementara, terhadap kreditur Preferen yakni pekerja,PT Merpati Airlines memiliki tanggungan hutang sebesar Rp 1,7 triliun. Jumlah total utang PT MNA dalam perkara ini mencapai Rp. 10,2 Triliun.@ [Jn]


Berita Terkait

No comment for PT.Merpati Tidak Jadi Pailit, Homologasi Untuk Sementara Diterima Hakim

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.