Menu Click to open Menus
Home » Hukrim » Mahkamah Agung Tolak Kasasi Kejari Denpasar, Made Kembir Dinyatakan Bebas Murni (Vrijspraak)

Mahkamah Agung Tolak Kasasi Kejari Denpasar, Made Kembir Dinyatakan Bebas Murni (Vrijspraak)

(151 Views) November 16, 2018 11:55 am | Published by | No comment
Spread the love

AWASNEWS.COM — Majelis Hakim Mahkamah Agung (MA) menolak berkas kasasi yang diajukan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Yuli Peladiyanti dari Kejari Denpasar, pada I Made Kembir (52), Warga Jl. Ulu Watu 100X, Lingkungan Ubung Jimbaran, Kecamatan Kuta Selatan, Badung, Bali.

Penolakan berkas kasasi itu sekaligus mematahkan segala dakwaan dan unsur pidana dalam pasal 372 Jo Pasal 378 tentang penipuan dan Penggelapan yang dituduhkan Jaksa pada Kembir.

Penolakan itu dituangkan melalui amar putusan Nomer 89/K/PID/2017 yang digedok oleh tiga orang hakim yang terdiri dari hakim ketua Sri Murwahyuni. S.H., MH pada 27 April 2017, beserta dua hakim anggota Desnayeti M., S.H., M.H dan Sumardijatmo. S.H., M.H.

“Surat pemberitahuan dikirimkan oleh Jurusita Pengadilan Negeri Denpasar pada 15 November 2018. Dan baru saya terima pada 16 November 2018.” Kata Made Kembir, Jumat (16/11/2018).

Dalam pertimbangannya, Majelis Hakim menilai adanya kejanggalan yang dilakukan oleh Wayan Suarta yang mengaku sebagai korban dalam perkara ini.

Majelis hakim menyatakan, uang Rp. 110 juta yang katanya diserahkan pada Made Kembir untuk pembayaran jual beli tanah itu tidak pernah dilegislasi atau disahkan di kantor Notaris.

Selanjutnya sesuai fakta, lanjut bunyi kutipan pertimbangan hakim. Pada saat terdakwa bersama dengan I Wayan Suarta juga tidak membicarakan jual beli tanah yang saat itu masih atas nama Ida Bagus Gede Arthana.

“Mengadili, menolak permohonan kasasi dari penuntut umum pada Kejaksaan Negeri Denpasar, [dan] membebankan biaya perkara pada tingkat kasasi kepada negara” kutip, Bunyi Amar putusan yang dibacakan hakim ketua, Sri Murwahyuni S.H., M.H.

Atas dasar putusan MA tersebut, I Made Kembir dinyatakan bebas murni (Virjspraak) dari segala dakwaan dan unsur pidana yang termuat dalam pasal 372 Jo 378 KUHP.

Putusan penolakan kasasi itu juga menguatkan putusan pengadilan ditingkat pertama yakni Pengadilan Negeri Denpasar, yang juga membebaskan I Made Kembir dari segala dakwaan dan tuntutan JPU.

Majelis hakim pimpinan Wayan Sukanila itu dalam amar putusanya menyatakan, terdakwa tidak terbukti melakukan tindak pidana penipuan sesuai dengan pasal 378 KUHP sebagaimana tertuang dalam tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Yuli Peladyati dan Dewa Lanang.

“Membebaskan terdakwa dari seluruh dakwaan/tuntan JPU,membersihkan nama baik terdakwa serta mengembalian harkat dan martabat terdakwa pada masyarakat ” tegas majelis hakim saat membacakan amar putusannya pada (10/11/2016) silam.@ [Jn].


Berita Terkait

No comment for Mahkamah Agung Tolak Kasasi Kejari Denpasar, Made Kembir Dinyatakan Bebas Murni (Vrijspraak)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.