Menu Click to open Menus
Home » Hukrim » Sumatera Menjadi Daerah Terbanyak Anggota DPRD Yang Menjadi Tersangka Korupsi

Sumatera Menjadi Daerah Terbanyak Anggota DPRD Yang Menjadi Tersangka Korupsi

(29 Views) November 18, 2018 1:17 pm | Published by | No comment

AWASNEWS.COM — Sebanyak 86 orang anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumatera Utara menjadi tersangka kaaus korupsi, Hal itu membuat Daerah tersebut menjadikan Daerah dengan tingkat tersangka korupsi anggota DPRD terbanyak se-Indonesia.

Data yang dihimpun dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), selain anggota Dewan tercatat 36 orang Kepala Daerah di Sumatera juga berstatus tersangka. Sedangkan dari anggota DPRD, Sumatera Utara adalah yang terbanyak menjadi tersangka korupsi.

Juru Bicara KPK Febri Diansyah menyebutkan, data tersebut dihitung sejak Abdullah Puteh yang saat itu Gubernur Aceh, ditangkap pada 2004.

Beberapa kepala daerah lainnya yang pernah menjadi tersangka, yakni Gubernur Jambi, Zumi Zola, mantan Gubernur Sumatra Utara, Gatot Pujo Nugroho. Kemudian, Gubernur Aceh, Irwandi Yusuf dan mantan Gubernur Riau, Annas Maamun.

Pada Ahad (18/11) dini hari ini, KPK juga baru saja melakukan operasi tangkap tangan (OTT) Bupati Pakpak Barat Sumatra Utara, Reminggo Yolando Berutu. Selain bupati tersebut, ditangkap pula Kepala Dinas setempat, PNS dan pihak swasta. Dua orang diamankan di Jakarta dan empat orang di Medan.

Ketua KPK Agus Rahardjo mengatakan, operasi tangkap tangan Reminggo itu terkait proyek Pekerjaan Umum (PU). “Dari kegiatan ini teridentifikssi dugaan transaksi terkait proyek dinas PU di Pakpak Barat. Diduga penerimaan telah terjadi beberapa kali, dengan nilai ratusan juta,” kata Agus.@*


Berita Terkait

Tags: ,
Categorised in:

No comment for Sumatera Menjadi Daerah Terbanyak Anggota DPRD Yang Menjadi Tersangka Korupsi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.