Menu Click to open Menus
Home » Daerah » “FGD Pengelola Keuangan dan Aset Yang Berkarakter “

“FGD Pengelola Keuangan dan Aset Yang Berkarakter “

(74 Views) November 20, 2018 7:50 am | Published by | No comment

 

Bupati Madiun H.Ahmad Dawami membuka acara FGD Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah di Gedung Eka Kapti Puspem Mejayan

AWASNEWS.COM, Madiun – Dalam rangka peningkatan transparansi dan akuntabilitas bidang keuangan dan barang milik daerah serta pertanggungjawaban, dimana setiap pejabat pengelola keuangan dan aset Organisasi Perangkat Daerah (OPD) masing-masing diharapkan dapat menciptakan pengendalian manajemen yang semakin efektif dan efisien. Untuk itu Pemerintah Kabupaten Madiun melalui Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD), menyelenggarakan kegiatan diskusi bersama Focus Group Discussion (FGD).

Acara diskusi bersama terkait pengelolaan keuangan dan barang milik daerah tersebut dihadiri Bupati Madiun H.Ahmad Dawami yang sekaligus membuka acara, hadir pula Wabup, Sekda dan Pimpinan OPD, Camat se-Kabupaten Madiun, serta narasumber dari Polres Madiun, Kejaksaan Tinggi Negeri Madiun dan BPKP Provinsi Jawa Timur bertempat di Gedung Eka Kapti Pusat Pemerintahan Kabupaten Madiun pada hari, Senin (19/11/18).

Bupati Madiun H.Ahmad Dawami dalam sambutannya menyampaikan,” sebagaimana kita ketahui bersama tugas kerja kita pada posisi menjelang akhir Tahun Anggaran 2018, tentunya banyak hal yang perlu dipersiapkan dalam rangka penyelesaian program kegiatan Tahun 2018, serta persiapan dalam rangka menyusun program kegiatan Tahun Anggaran 2019 yang akan datang. Hal ini dimaksudkan agar keuangan daerah yang dibebankan berdasarkan APBD, merupakan salah satu unsur penting dalam penyelenggaraan Pemerintahan dan Pelayanan Masyarakat yang harus dikelola dengan baik dan benar,” paparnya.

Bupati Madiun menambahkan,” dalam rangka mewujudkan visi kami, bupati dan wakil bupati Madiun untuk masa 5 Tahun kedepan, Aman, Mandiri, Sejahtera dan Berakhlak, maka perlu adanya peningkatan Transparasi dan Akuntabilitas dibidang keuangan dan barang milik daerah serta pertanggungjawabannya, yang mana setiap pejabat pengelola keuangan dan aset di OPD masing-masing diharapkan dapat menciptakan pengendalian manajemen yang efektif dan efisien guna menjamin, pencapaian organisasi, keamanan sumber dana yang dikelola, ketaatan pada ketentuan peraturan yang berlaku, serta dipeliharanya data dokumen dan informasi keuangan yang aman, handal dan solid, ” pungkasnya.

Kegiatan Focus Group Discussion (FGD) pengelolaan keuangan dan barang milik daerah dengan tema, Pengelola Keuangan dan Aset yang Berkarakter ini dalam rangka, Stracing dan evaluasi terhadap tugas dan tanggung jawab kita sebagai pengguna anggaran, pejabat pembuat komitmen dan pejabat penatausahaan keuangan agar dalam pelaksanaan pengelolaan keuangan dan aset daerah kedepan makin terwujudnya pemerintahan yang bersih dan tata kelola yang baik.

Membangun komitmen bersama untuk melakukan yang terbaik dalam pengelolaan keuangan dan aset daerah, OPD sebagai salah satu entitas pelaporan keuangan daerah merupakan bagian dari laporan keuangan pemerintah daerah. Pengelola keuangan dan aset yang berkarakter diharapkan pengguna anggaran PPK-PPK dan bendahara paham sesuai karakter yang melekat terhadap tugas dan tanggung jawab masing-masing. FGD ini dilaksanakan dalam rangka membangun komunikasi dan koordinasi antara aparat penegak hukum dengan pengelola keuangan dan aset yang ada dilingkup Pemerintah Daerah. (Ben).


Categorised in:

No comment for “FGD Pengelola Keuangan dan Aset Yang Berkarakter “

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.