Menu Click to open Menus
Home » Daerah » ” Pindah Datang Antar Negara Terkait Perkawinan Campuran “

” Pindah Datang Antar Negara Terkait Perkawinan Campuran “

(125 Views) November 24, 2018 11:05 am | Published by | No comment
Spread the love

 

Wabup Madiun di dampingi Kepala Dispendukcapil dan dua narasumber membuka acara Sosialisasi

AWASNEWS.COM, Madiun – Sesuai Intruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 470/837/SJ tanggal 7 Pebruari 2018 tentang Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan (GISA) yakni sadar tentang pentingnya dokumen kependudukan, sadar pentingnya data kependudukan yang benar dan sadar pemanfaatan data kependudukan. Sehubungan dengan hal tersebut, Desa/Kelurahan, Kecamatan dan Kabupaten harus sadar tentang pentingnya administrasi kependudukan.

Untuk itu Pemerintah Kabupaten Madiun melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) menyelenggarakan Sosialisasi Pindah Datang antar Negara terkait Perkawinan Campuran dan Sosialisasi Aliran Kepercayaan yang nantinya masyarakat bisa memahami peraturan- peraturannya, kegiatan diadakan di RM.Icha Orient Tarsan Saradan Kabupaten Madiun pada hari, Kamis (22/11/18).

Para peserta sosialisasi sebanyak 240 (dua ratus empat puluh) terdiri dari, 1 orang Kepala Kantor Imigrasi atau yang mewakili, 1 orang Kepala Kejaksaan Negeri Kabupaten Madiun atau yang mewakili, Kapolres Madiun atau yang mewakili 1 orang, Kepala Pengadilan Agama Kabupaten Madiun atau yang mewakili 1 orang, Kepala KUA 15 orang, Camat se-Kabupaten Madiun 15 orang, serta Kepala Desa/Kelurahan 206 orang.

Hadir pada acara tersebut Wakil Bupati Madiun H. Hariwuryanto, SH, M.Ak sekaligus membuka acara, Kepala Dispendukcapil Kabupaten Madiun Drs. P.W. Widodo, Forpimda, serta para peserta sebanyak 240 orang, dengan narasumber Kasi Pindah Datang Penduduk Wil.NKRI Direktorat Pendaftaran Penduduk (Dra. Rustinah, M.Si), dan Kasi Kartu Tanda Penduduk Direktorat Pendaftaran Penduduk Dirjen Dukcapil (Sumiyati, S.Sos, M.Si).

Kepala Dispendukcapil Kabupaten Madiun Drs.P.W. Widodo dalam sambutannya menyampaikan,” kegiatan sosialisasi pindah datang antar negara terkait perkawinan campuran dan sosialisasi aliran kepercayaan mengacu pada disposisi Bupati tanggal 28 Oktober 2018 atas telaahan Staf Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil tanggal 23 Oktober 2018 Nomor, 471/2692/402.101/2018.” Maksud dan tujuan kegiatan,” agar para peserta sosialisasi dapat memahami peraturan-peraturannya dan dapat diteruskan ke Masyarakat,” terangnya.

Lanjut Kadis Widodo,” untuk materi kegiatan sesuai Peraturan Presiden R.I Nomor 96 Tahun 2018 tentang Persyaratan dan Tata Cara Pendaftaran Penduduk dan Pencatatan Sipil. Putusan Mahkamah Konstitusi Nomor 97/PUU.XIV/2016 tentang Aliran Kepercayaan. Untuk anggaran kegiatan dibebankan pada Anggaran Dana Alokasi Khusus (DAK) Tahun Anggaran 2018 Kode Rekening 2.06.2.06.01.15.11,” jelasnya.

Sambutan Bupati Madiun yang dalam hal ini diwakili Wabup H. Hariwuryanto menyampaikan,” sesuai amanat UU.No.23 Tahun 2006 tentang Administradi Kependudukan, serta UU.No. 24 Tahun 2013 tentang perubahan Undang-Undang No.23 Tahun 2006 dan Peraturan Presiden No. 96 Tahun 2018 tentang Persyaratan dan Tata Cara Pendaftaran Penduduk dan Pencatatan Sipil sebagai dasar kita melayani masyarakat dalam hal pemenuhan Administrasi Kependudukan,” ungkapnya.

Lanjut Wabup,” sehubungan dengan hal tersebut , masyarakat perlu mendapatkan informasi yang menyeluruh berkaitan dengan pindah datang antar Negara. Mengingat dinamika persoalan semakin hari semakin meningkat baik dari sisi kualitas dan kuantitas, agar masyarakat tidak terjerumus pada persoalan-persoalan pidana maupun perdata diakibatkan dari perkawinanan campuran antar negara,” tegasnya.

Wabup menambahkan,” diharapkan melalui Sosialisasi ini para peserta bisa mendapatkan pengetahuan yang benar dan dapat di sebarluaskan ke masyarakat, sehingga tercipta dampak positif dalam mewujudkan visi misi Kabupaten Madiun yang Aman, Mandiri, Sejahtera dan Berakhlak,” pungkasnya. ( Ben ).


Categorised in:

No comment for ” Pindah Datang Antar Negara Terkait Perkawinan Campuran “

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.