Menu Click to open Menus
Home » Hukrim » Yusril Tidak Terima HTI Disebut Organisasi Terlarang

Yusril Tidak Terima HTI Disebut Organisasi Terlarang

(141 Views) November 28, 2018 6:21 pm | Published by | No comment
Spread the love

AWASNEWS.COM — Yusril Ihza Mahendra tidak menerima kan sebutan Ormas Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) sebagai organisasi terlarang. Dia mengancam akan melakukan tindakan hukum pada siapapun yang melontarkan ucapan itu.

“Jadi penegasan yang menegaskan HTI itu adalah organisasi terlarang itu tidak ada dasar hukum. Kalau besok ada pihak-pihak mengatakan begitu kami akan kasih somasi,” kata Yusril, dilansir tribunnews.com, Rabu (28/11).

Pengacara Jokowi-Ma’ruf Amin itu menerangkan, saat ini upaya hukum kasasi yang diajukan HTI di Mahkamah Agung terkait SK Pembubaran HTI masih belum bersifat final atau memiliki kekuatan hukum tetap.

Sehingga, apabila ada penyebutan itu, menurut dia, dapat mengarah kepada perbuatan fitnah atau pencemaran nama baik yang mengandung konsekuensi pidana.

“Meskipun sudah ada SK pembubaran, kemudian HTI masih mengajukan gugatan pembatalan maka menurut hukum pembubaran belum dinyatakan final, belum dapat di eksekusi, dan masih menunggu putusan kasasi,” kata dia.

Diketahui sebelumnya, Pemerintah melalui Kementerian Hukum dan HAM beberapa waktu lalu telah mencabut status badan hukum Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) melalui Surat Keputusan Menteri Hukum dan HAM Nomor AHU-30.AH.01.08 Tahun 2017.

Atas putusan itu, Pihak HTI lalu mengajukan gugatan ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Jakarta. Namun, gugatan itu ditolak. Akhirnya, HTI mengajukan kasasi ke MA pada tanggal 19 Oktober 2018.*


Berita Terkait

No comment for Yusril Tidak Terima HTI Disebut Organisasi Terlarang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.