Menu Click to open Menus
Home » Daerah » ” Pertambangan Galian C Desa Klumutan Ditutup “

” Pertambangan Galian C Desa Klumutan Ditutup “

(145 Views) November 30, 2018 5:19 am | Published by | No comment
Spread the love

Petugas Satpol PP Kabupaten Madiun menyegel Pertambangan Galian C desa Klumutan

AWASNEWS.COM, Madiun – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Madiun menutup aktivitas tambang galian C milik Pendik Kustiyanto yang berlokasi di desa Klumutan Kecamatan Saradan, Kabupaten Madiun Jawa Timur karena nunggak bayar pajak, Selasa (27/11/18).

Penyegelan tambang galian C tersebut karena melanggar dua Perda (Peraturan Daerah) yaitu, Perda Provinsi Jawa Timur No.1 Tahun 2005 pasal 11 ayat 2.d tentang Pembayaran Pajak Pertambangan bahan Galian C, dan Perda Kabupaten Madiun No.12 Tahun 2010 tentang Pajak Daerah.

Seperti yang disampaikan Kasi Ops Satpol PP Kabupaten Madiun, Gatot Prasetyo kepada awak media,” penyegelan ini menindak lanjuti surat dari DPMPTSP (Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu) Kabupaten Madiun untuk menutup sementara aktivitas penambangan, karena Pemiliknya belum lunas bayar pajak,” terangnya.

Saat dilokasi tidak ada aktivitas,” tapi masih banyak terdapat batu material dilokasi pertambangan galian C tersebut, memang tidak ada aktivitas kemungkinan pemiliknya akan mengambil lagi. Selama belum membayar tunggakan pajak selama 6 bulan ya tidak boleh beraktivitas,” kata Gatot Prasetyo.

Secara terpisah Kepala Bidang (Kabid) Sumber Daya Mineral DPMPTSP Kabupaten Madiun Aris Budi Susilo mengatakan,” penyegelan itu sifatnya sementara untuk menghentikan aktivitas di di lokasi tambang. Sebelumnya bersama tim kita sudah melakukan monitiring galian C tersebut, serta memberi SP 2 (Surat Peringatan), tapi tidak ada tanggapan dari pemilik tambang, dengan bantuan korps penegak perda ini, terpaksa kita tutup untuk sementara akses jalan tambang galian C ini,” jelasnya.

Aris menambahkan,” penutupan tambang galian C tersebut memang dikehendaki oleh pemiliknya, lantaran sudah tidak produksi lagi. Karena komoditas tambang untuk menyuplai kebutuhan tambang galian untuk projek jalan tol dan double track sudah selesai, jika akses jalan pertambangan ingin dibuka lagi, si pengusaha tambang harus bayar tunggakan pajak,” pungkasnya. (Ben).


Categorised in:

No comment for ” Pertambangan Galian C Desa Klumutan Ditutup “

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.