Menu Click to open Menus
Home » Lintas Peristiwa » Bentrok Mahasiswa Papua Dan Ormas Surabaya 16 Orang Terluka

Bentrok Mahasiswa Papua Dan Ormas Surabaya 16 Orang Terluka

(82 Views) Desember 1, 2018 9:11 am | Published by | No comment

AWASNEWS.COM — Terjadi bentrokan antara kelompok Aliansi Mahasiswa Papua (AMP) dengan ormas kepemudaan, di kawasan Jalan Pemuda, Surabaya. Sabtu (1/12/2018) pagi.

AMP hari ini melakukan aksi peringatan kemerdekaan Papua Barat dari Belanda (1 Desember 1961), yang rutin digelar secara sistematis di seluruh Indonesia.

Aksi tersebut mendapat penolakan dari beberapa elemen masyarakat yang terdiri dari Pemuda Pancasila (PP) FKPPI, dan komunitas bela diri Pencak Silat.

Aksi tahunan AMP ini dinilai sebagai upaya makar oleh sebagian pengunjuk rasa yang kontra.

Dalam orasinya, sekitar 300 orang mahasiswa yang mengenakan atribut bendera Bintang Kejora itu menuntut agar rakyat Papua Barat diberi hak menentukan nasib sendiri sebagai solusi demokrasi. Mereka juga menuntut Papua Merdeka.

Mereka awalnya berorasi di depan gedung Radio Republik Indonesia (RRI) dan akan melakukan long march ke gedung Grahadi Surabaya.

Suasana menjadi tegang ketika massa kontra Aliansi Mahasiswa Papua mulai berdatangan dan menggelar unjuk rasa tandingan. Orasi terdengar bersahut-sahutan dan kedua kubu saling kecam.

Pantauan awasnews.com, Massa tandingan dengan jumlah kekuatan sekitar 200 orang mencoba merangsek masuk ke barisan massa AMP, namun aksi itu dapat dihalau oleh pihak kepolisian.

Bentrokan kemudian pecah, dengan aksi pelemparan batu.

Juru bicara Aliansi Mahasiswa Papua Surabaya Darlince Iyowau mengatakan 16 mahasiswa cedera saat berunjuk rasa di Jalan Pemuda, Surabahya. Menurut dia, mereka menjadi korban pemukulan dan pelemparan batu dari anggota ormas tertentu.

“Dari 16 orang, tiga di antaranya bocor di kepala,” kata Darlince pada wartawan.

Melalui pengeras suara, polisi mengingatkan agar mahasiswa bubar karena tak punya izin. Polisi memberi waktu mereka mundur dan membubarkan diri.@ [Jn]


Berita Terkait

No comment for Bentrok Mahasiswa Papua Dan Ormas Surabaya 16 Orang Terluka

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.