Menu Click to open Menus
Home » Nasional » TPN PB OPM: Kami Tau Mana Pekerja Sipil Dan Mana Pekerja Anggota TNI (ZIPUR)

TPN PB OPM: Kami Tau Mana Pekerja Sipil Dan Mana Pekerja Anggota TNI (ZIPUR)

(59 Views) Desember 6, 2018 2:30 pm | Published by | No comment

AWASNEWS.COM — Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPN PB) salah satu sayap militer Organisasi Papua Merdeka (OPM) buka suara lewat akun Facebook TPNPB, Rabu (5/12).

Panglima Daerah TPNPB Makodap III Ndugama Egianus Kogeya menyatakan bertanggung jawab atas penyerangan yang menewaskan puluhan pekerja jembatan.

“Panglima Daerah Tentara Pembebasan Nasional Papaua Barat (TPNPB) Makodap III Ndugama Egianus Kogeya menyatakan bertanggung jawab terhadap penyerangan SIPUR pekerja Jembatan Kali Aworak, Kali Yigi dan Pos TNI Distrik Mbua melalui komandan operasinya,” tulisnya.

Ndugama Egianus mengungkapkan sudah tiga bulan melakukan pemantauan terhadap pekerja jembatan di tiga tempat, yaitu Kali Aworak, Kali Yigi dan Pos TNI Distrik Mbua.

“Ya benar Oprasi di Kali Aworak, Kali Yigi Pos TNI Distrik Mbua kami yang lakukan dan kami siap bertanggung jawab penyerangan ini,” kata Ndugama Egianus.

“Lebih dari tiga bulan kami lalukan pamantauan dan patroli terhadap pekerja Jembatan Kali Aworak, Kali Yigi dan Pos Mbua, kami sudah secara lengkap mempelajari Pekerja di kali Aworak, Kali Yigi Pos TNI Distrik Mbua adalah satu kesatuan,” tambahnya.

Mereka juga mengidentifikasi pekerja pembangunan jembatan itu bukanlah warga sipil, tapi murni anggota Zeni Tempur TNI Angkatan Darat.

“Karena kami tahu bahwa yang berkerja selama ini untuk jalan Trans dan jembatan-jembatan yang ada sepanjang Jalan Habema Juguru Kenyam Batas Batu adalah murni Anggota TNI (SIPUR)”,” kata dia.

Ndugama Egianus yakin tidak salah sasaran. Hal itu mereka buktikan dari berita di salah satu media online yang pernah beredar pada 2016. Isi berita tersebut menuliskan “Prajurit Satgas Pembangunan Jalan Trans Papua Denzipur 12/OHH Nabire dan Denzipur 13/PPA Sorong Zeni TNI AD (POP 1) mengoperasikan alat berat di Distrik Mbua, Kabupaten Nduga, Papua, Rabu (23/3/2016)”.

Kemudian, di dalam berita itu juga mengatakan “TNI Angkatan Darat melakukan pembangunan dan peningkatan jalan Wamena-Mumugu sejauh 278 kilometer yang diharapkan mampu meningkatkan aspek kesejahteraan sosial, ekonomi, pendidikan hingga kesehatan khususnya masyarakat pedalaman Papua”.

“Sasaran serangan kami tidak salah, kami tahu mana pekerja sipil atau tukang biasa dan mana pekerja anggota TNI (SIPUR). Walaupun mereka berpakaian sipil atau preman. Kami juga siap bertanggung jawab terhadap penyerangan POS TNI Distrik Mbua,” ungkap Pemne Kogeya.

TPNPB mengatakan tidak mungkin berperang melawan warga sipil. Mereka ungkap punya kode etik perang.

“Pelaku serangan di Nduga perlawanan dan penyerangan adalah TPNPB Makodap III Ndugama bukan warga sipil, pimpinan sampai anggota TPNPB Komando Nasional Punya kode etik perang refolusi. Tidak akan berperang melawan warga sipil yang tidak seimbang dan sepadan,” tulisnya.@ [AW/JN]


Berita Terkait

Tags: , , ,
Categorised in:

No comment for TPN PB OPM: Kami Tau Mana Pekerja Sipil Dan Mana Pekerja Anggota TNI (ZIPUR)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.