Menu Click to open Menus
Home » Opini » UPPKB JEMBATAN TIMBANG CEKIK,AKAN BONGKAR MUATAN JIKA MELANGGAR ATURAN

UPPKB JEMBATAN TIMBANG CEKIK,AKAN BONGKAR MUATAN JIKA MELANGGAR ATURAN

(34 Views) Desember 6, 2018 3:01 am | Published by | No comment

Jembrana, awasnews.com Fungsi Jembatan Timbang melakukan pengawasan terhadap kendaraan pengangkut barang untuk merancek layak atau tidak kendaraan angkutan barang tersebut untuk berjalan, mulai dari surat surat, buku uji, ban, wiper dan lain lain termasuk dimensi, hal ini di katakan Koordinator Unit Pelaksana Penimbangan Kendaraan Bermotor (UPPKB) – Jembatan Timbang Cekik I Ketut Iriana Waskita, SE.,M.Si pada (4/12/2018)

“Harus mengecek dimensi sudah sesuai atau tidak dengan buku uji, jika memang tidak sesuai dengan buku uji maka kendaraan tersebut kami beri tanda, cat atau cat semprot. Setelah itu akan di lakukan penilangan” ujar Iriana.

Dikatakannya semenjak dilakukan penilangan pihaknya akan memberikan waktu selama masa pengujian ulang. Di tempat pengujian menurut Iriana akan dipotong jika melakukan pelanggaran dimensi, dan jika tidak sesuai dengan tata cara muat maka kendaraan tersebut akan ditahan oleh pihaknya yang bekerja sama dengan kepolisian.

“Solusi terakhir kendaraan yang memuat barang berkelebihan, kami akan melakukan penurunan barang yang melebihi JBI 100 persen” terang Iriana.

Untuk pelaksanaan penurunan barang kendaraan yang memuat berkebihan akan di berkalukan pada Awal Januari 2019 nanti. Namun menurutnya, barang yang melebihi JBI 100 persen muatan yang diturunkan akan di transfer kekandaraan lain, dan jika belum ada kendraan untuk mentransfer barang muatan tadi maka akan di simpan di gudang, dengan biaya yang akan ditanggung oleh pihak pengusaha tersebut.

“Kalau nantinya barang yang diturunkan terlalu lama di simpan digudang maka pihak pengusaha akan dikenakan sewa” ujarnya.

Dalam hal ini pihak UPPKB Cekik akan bekerjasama dengan pihak PPSI sebagai transformator, untuk penanganan kendaraan bermuatan lebih di transfer.

“Setelah hal ini dilaksanakan kami akan melakukan P21 bagi kendaraan yang over dimensi, serta melanjutkan ke Pengadilan dan Kejaksaan, dengan sangsi denda diperkirakan mencapai 24 juta, kurungan sekitar 3 bulan” tegas Koordinator UPPKB Cekik itu.

Untuk peraturan tersebut pihak UPPKB cekik akan mengudang terlebih dahulu para pengusaha, semen, besi baja, dan bahan bangunan lainnya yang sering over dimensi untuk dilakukan sosialisasi sebelum peraturan tersebut di berlakukan pada Januari 2019 nanti

“Tahap pelaksanaan akan berkoordinasi dengan kepolisian, Polda Bali, Polres Jembrana, Kejaksaan Negeri untuk bersinergi, sehingga pihak staekholder dapat mengetahui dan memahami” pungkasnya.

(Amin)


Categorised in:

No comment for UPPKB JEMBATAN TIMBANG CEKIK,AKAN BONGKAR MUATAN JIKA MELANGGAR ATURAN

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.