Menu Click to open Menus
Home » Hukrim » Viral Petikan Putusan Pidana Kasus Korupsi Mantan Ketua DPRD Surabaya Beredar Di Medsos

Viral Petikan Putusan Pidana Kasus Korupsi Mantan Ketua DPRD Surabaya Beredar Di Medsos

(36 Views) Desember 6, 2018 9:41 am | Published by | No comment

AWASNEWS.COM — Beredar viral petikan putusan pidana atas upaya hukum kasasi yang diajukan mantan Ketua DPRD Kota Surabaya, Wisnu Wardhana di Media Sosial (Medsos). Pesan berantai itu diketahui tersebar pada beberapa group di aplikasi Whatsapp pada Kamis (6/12).

Bunyi petikan amar putusan Mahkamah Agung (MA) itu menyatakan, Wisnu terbukti secara sah meyakinkan bersalah dan dijatuhi hukuman selama 6 tahun penjara.

Selain hukuman badan, Hakim Agung juga menjatuhkan pidana denda sebesar Rp 200 juta. Bila tidak dibayar,bWisnu Wardhana akan dikurung selama 6 bulan.

Putusan kasasi yang diajukan penuntut umum kejari Surabaya itu makin memperberat status hukuman Wisnu. Sebab, di tingkat banding Pengadilan Tinggi (PT) Jatim, dia hanya dijatuhi hukuman 2 tahun penjara, atas tuntutan Jaksa yang menuntut terdakwa selama 5 tahun.

Dalam perkara ini, mantan politisi partai Demokrat itu merupakan terdakwa kasus korupsi pelepasan 2 (Dua) asset BUMD, milik PT. Panca Wira Usaha (PWU) di Kediri dan Tulungagung pada 2013 silam.

Saat proses pelepasan dua asset itu, Wisnu menjabat sebagai Kepala Biro Aset dan Ketua Tim Penjualan Aset PT PWU.

Pelepasan kedua aset itu dilakukan tanpa mengikuti prosedur, sehingga merugikan keuangan negara sebesar Rp 11 miliar.

Pada tingkat peradilan pertama, Wisnu dijatuhi hukuman 3 tahun penjara, dan diharuskan membayar uang pengganti sebesar Rp 1,5 miliar.

Ketua Majelis Hakim Tipikor Surabaya, Tahsin menyatakan, Wisnu terbukti melanggar Pasal 3, UU Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana telah diubah dalam UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang Perubahan atas UU Nomor 31 Tahun 1999 juncto Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP.@ [Jun]


Berita Terkait

Tags: , ,
Categorised in:

No comment for Viral Petikan Putusan Pidana Kasus Korupsi Mantan Ketua DPRD Surabaya Beredar Di Medsos

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.