Menu Click to open Menus
Home » Nasional » Berikut Profil Ekianus Kogeya, Komando Daerah Pertahanan (KODAP) III Ndugama OPM

Berikut Profil Ekianus Kogeya, Komando Daerah Pertahanan (KODAP) III Ndugama OPM

(126 Views) Desember 8, 2018 12:05 am | Published by | No comment

AWASNEWS.COM — Sosok Egianus Kogeya atau Ekianus Kogoya, yang merupakan pentolan dari Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) OPM disebut sebagai Komando Daerah Pertahanan (Kodap) III, Nduga, Papua.

Kelompok separatis Papua itu tidak mau disebut sebagai KKB, melainkan menamakan dirinya sebagai Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPN-PB).

Pernyataan itu diungkap juru bicara TPN-PB Lewis Prai, melalui keterangan tertulisnya. Pria yang tinggal di Australia ini mengatakan, Ekianus Kogoya pada awalnya adalah komandan operasi ketika memulai serangan di Kabupaten Nduga.

Setelah itu, ia diangkat menjadi Panglima Komando Daerah Pertahanan (KODAP) III Ndugama, melalui Konferensi Daerah Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPNPB) pada tanggal 15 -16 Oktober 2018, di Markas KODAP III Ndugama, Kabupaten Nduga.

Dari laporan yang diterima awasnews.com tentang hasil pelaksanaan Konferensi Daerah KODAP III Nduga. Bahwa keputusan forum telah mutlak menunjuk Ekianus Kogoya sebagai Panglima KODAP III Nduga.

Sedangkan untuk Wakil Panglima atau sebutan dalam sistem Komando Nasional TPNPB adalah Kepala Staf Komando Daerah Pertahanan, disingkat (KASDAP) yaitu Angin Unue.

Dalam Forum konferensi Daerah KODAP III Ndugama, menghasilkan keputusan untuk Pimpinan KODAP, membentuk batalyon, pemetaan wilayah batalyon dan staf KODAP ditetapkan melalui forum Konferensi Daerah yang diselenggarakan di Markas KODAP III Ndugama.

Dalam kepemimpinan pertama kalinya, Ekianus Kogoya Pada tanggal 1-3 Desember memimpin penyerangan pada 31 orang pekerja jembatan, mereka mengklaim para pekerja tersebut merupakan anggota TNI.

“Ekianus sosok komandan yang berani pimpin pasukannya menghadapi musuh TNI POLRI di medan pertempuran. Perlawanan bersenjata di Nduga Ekianus Kogoya selaku penanggungjawab di wilayah itu. Hingga perlawanan bersenjata sedang berlanjut disana.” Kata Lewis Prai, Sabtu (8/12).

Diketahui sebelumnya. Ekianus Kogoya dan kelompoknya telah menyerang kamp pekerja jalan trans di Distrik Yigi dan telah menewaskan 24 orang dalam serangan itu.

Saat melakukan evakuasi, TNI dan Polri sempat mengalami kesulitan. Sebab, TPNPB melakukan perlawanan dengan menembaki petugas dan memblokade jalan.

Ekianus Kogoya dalam keteranggannya mengaku bertanggungjawab atas serangkaian serangan di kamp pekerja jalan di Distrik Yigi, Kabupaten Nduga.

TPNPB dalam pembantaian 24 orang itu menyebutnya sebagai perang pembebasan Nasional.

“TPNPB akan selalu patut sesuai pedoman prinsip-prinsip perang TPNPB yang telah diumumkan resmi pada tanggal 27 Januari 2018. Bahwa pada pasal 6 tentang sasaran perang bagian poin 13 ialah pekerja jalan trans yang merupakan anggota TNI satuan Densipur [Denzipur]”.Terang Lewis.@ [Jn/Mur].


Berita Terkait

Tags: , , ,
Categorised in:

No comment for Berikut Profil Ekianus Kogeya, Komando Daerah Pertahanan (KODAP) III Ndugama OPM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.