Menu Click to open Menus
Home » Daerah » “Rakor dan Evaluasi IP4T Partisipatif Kabupaten Madiun “

“Rakor dan Evaluasi IP4T Partisipatif Kabupaten Madiun “

(60 Views) Desember 12, 2018 4:17 am | Published by | No comment
Spread the love

 

Sekda didampingi Kepala BPN dan Perwakilan Forkopimda Kabupaten Madiun membuka Rakor dan Evaluasi IP4T-Partisipatif di Ruang Rapat Utama Bappeda

AWASNEWS.COM, Madiun – Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Madiun menyelenggarakan Rapat Koordinasi dan Evaluasi Pelaksanaan Inventarisasi Penguasaan, Pemilikan, Penggunaan dan Pemanfaatan Tanah (IP4T) Partisipatif di Ruang Rapat Utama Bappeda Kabupaten Madiun pada, Kamis (6/12/18).

Hadir pada acara tersebut Bupati Madiun yang dalam hal ini diwakili Sekda Kabupaten Madiun , Ir. Tontro Pahlawanto yang sekaligus membuka rakor dan evaluasi IP4T tersebut di dampingi Kepala BPN (Badan Pertanahan Nasional) Kabupaten Madiun Dwi Budi Martono, Anggota Forkopimda, Kepala OPD terkait, Camat se-Kabupaten Madiun, Kepala Desa/Kelurahan.

Sekda Tontro dalam sambutannya menyampaikan,” perlu saya tegaskan pentingnya Rakor dan Evaluasi IP4T ini, dimana kegiatan IP4T akan menghasilkan Data Pertanahan di seluruh wilayah Kabupaten Madiun, karena data ini sangat diperlukan oleh Pemerintah Kabupaten Madiun baik saat ini maupun masa yang akan datang,” katanya.

Lanjutnya,” Sebagaimana kita ketahui bersama, data dan informasi merupakan komponen penting dimulai dari tahap perencanaan, implementasi, evaluasi program dan pengukuran pencapaian kinerja Pembangunan. Pengelolaan data dan informasi yang baik pada akhirnya adalah suatu keharusan bagi instansi Pemerintah (OPD),” terangnya.

Tontro menambahkan,” oleh karena itu data yang dihasilkan dari kegiatan IP4T-Partisipatif, sangat penting dan berguna bagi kita semua, seperti data tentang Kepemilikan Tanah (Land Tenure), Nilai Tanah (Land Value), Penggunaan Lahan (Land Use), Pengembangan Lahan (Land Development). Dan terakhir menjadi dasar dalam mewujudkan Program Nasional tentang kebijakan Satu Peta (One Map) dan penyusunan Perda Administrasi Pertanahan di Kabupaten Madiun,” jelasnya.

Perlu saya sampaikan,” bahwa kegiatan IP4T-Partisipatif ini melibatkan Tiga Pilar Desa yaitu, Kasun/Kamituwo, Bhabinkamtibmas dan Babinsa merupakan yang pertama di Indonesia. Dimana keberhasilan kegiatan ini sangat ditunggu-tunggu baik oleh Pusat maupun daerah lain. Kita patut bangga walaupun disitu juga ada beban tanggungjawab dan moril yang sangat besar, namun saya yakin dengan kerja keras dan bahu membahu dari seluruh tim kerja bersama dan seluruh komponen yang terlibat di lapangan, beban akan terasa ringan dan kita yakin mampu mewujudkan apa yang kita cita-citakan bersama,” ungkapnya.

” Terkait masih ada kekurangan dalam pelaksanaannya, ini menjadi tantangan kita bersama, hal yang baru atau sebuah inovasi memerlukan waktu untuk penyempurnaannya. Apalagi IP4T-Partisipatif ini banyak melibatkan orang banyak dari berbagai kalangan, dan materi atau data yang dikumpulkan merupakan hal yang baru bagi pelaksanaan di tingkat desa,” katanya.

Selanjutnya Sekda menambahkan,” untuk itu dalam forum Rapat Koordinasi dan Evaluasi IP4T-Partisipatif ini, diharapkan tim kerja bersama dapat menganalisa, mengevaluasi, mengkoordinasikan pelaksanaan program, merumuskan langkah pemecahan masalah yang timbul selama pelaksanaan kegiatan, mengendalikan dan mengkonsolidasikan rencana kerja tindak lanjut serta menyampaikan informasi terkini dalam pelaksanaan IP4T-Partisipatif di Kabupaten Madiun,” pungkasnya. (Ben).


Categorised in:

No comment for “Rakor dan Evaluasi IP4T Partisipatif Kabupaten Madiun “

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.