Menu Click to open Menus
Home » Hukrim » Tiga Keterangan Saksi Perkuat Dakwaan Jaksa Pada Saidah Saleh Syamlan Atas Penyebaran Berita Hoax

Tiga Keterangan Saksi Perkuat Dakwaan Jaksa Pada Saidah Saleh Syamlan Atas Penyebaran Berita Hoax

(48 Views) Desember 17, 2018 6:50 pm | Published by | No comment
Spread the love

AWASNEWS.COM — Tiga orang saksi dihadirkan Jaksa Penuntut umum (JPU) Roginta Sirait, atas kasus penyebaran berita Hoax melalui aplikasi WhatsApp yang mendudukkan Saidah Saleh Syamlan (52), dikursi pesakitan Pengadilan Negeri (PN) Surabaya, sebagai terdakwa.

Tiga saksi itu antara lain ialah Jamal, Owner atau pemilik dari PT Pismatex, yang dalam perkara ini adalah sebagai korban. Sedangan saksi ke dua adalah Lukas, Wakil Direktur Utama dan saksi ketiga ialah Komaruzzaman, Kepala Divisi Syariah Bank Exim Indonesia.

Dari keterangan ketiga saksi tersebut pada intinya menguatkan surat dakwaan Penuntut Umum pada Saidah, atas pelanggaran pasal 27 ayat (3) jo Pasal 45 ayat (3) UU RI Nomor : 19 Tahun 2016 tentang perubahan atas UU RI Nomor : 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik [ITE].

Adapun ancaman hukuman dalam pasal tersebut ialah 6 tahun hukuman penjara.

Jamal yang menjadi saksi pertama menerangkan, bahwa pihaknya mengetahui pertama kali adanya pencemaran nama baik yang telah dilakukan oleh terdakwa pada prusahaannya melalui saksi Komaruzzaman.

“Saya dikasih tahu sama Komaruzzaman dari bank Exim, kalau dia [mendapat] sms gelap masuk, menceritakan perusahaan yang intinya mau bangkrut.” terang Jamal, dihadapan hakim ketua Isjuaedi. Senin (17/12).

Selain dari Komar, Jamal juga mengaku diberitahu oleh Amerita, salah seorang pegawai Bank Negara Indonesia (BNI) bahwa ia juga mendapai pesan gelap dari nomer handphone (HP) yang belakangnya tertera angka 800.

“Bukan cuma pak Komar, saya juga diberitahu sama Amerita, dari bank BNI, [Dia] juga dikirimi WA yang isinya sama dengan nomer yang belakangnya 800 itu. “Imbuhnya.

Karena nama baik perusahaannya merasa dicemarkan. Jamal lalu melapor ke polisi.

Setelah melalui beberapa tahapan Penyelidikan, pemilik nomer HP tersebut diketahui beenama Saidah Saleh Syamlan, yang tak lain merupakan istri dari mantan karyawannya sendiri yang sudah pensiun, yakni Azis Hamidan.

“Setelah di cek, ternyata nomer itu milik terdakwa, istri mantan pegawai saya, Azis, yang sudah pensiu. Terakhir dia jadi direktur keuangan saya. ” ungkap Jamal.

Dikesempatan yang sama, saksi Lukas menceritakan, dia mengaku mengetahui awal mula kasus ini juga dari Komaruzzaman saat bertemu di Jakarta.

“Komaruzzaman menyampaikan ada sms gelap. Beliau mengkhawatirkan bila sms itu tersebar, bisa mengakibatkan reputasi PT. Pismatex menurun dan hubungan dengan bank bisa buruk. ” jelas Lukas.

Dari keterangan para saksi yang diungkap dipersidangan itu, kesemuanya telah dibenarkan oleh Komaruzzaman.@ [Jun].


Berita Terkait

Tags: , ,
Categorised in:

No comment for Tiga Keterangan Saksi Perkuat Dakwaan Jaksa Pada Saidah Saleh Syamlan Atas Penyebaran Berita Hoax

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.