Menu Click to open Menus
Home » Hukrim » Tergiur Untung, Rofik Beli Cek Bodong Senilai Rp. 17 Juta

Tergiur Untung, Rofik Beli Cek Bodong Senilai Rp. 17 Juta

(121 Views) Desember 20, 2018 4:13 pm | Published by | No comment
Spread the love

AWASNEWS.COM — Mustofa bin Timbang (36), dijatuhi hukuman 1 tahun penjara oleh Pengadilan Negeri (PN) Surabaya, Kamis (20/12).

Dia dinyatakan terbukti bersalah melakukan tindak pidana penipuan sesuai pasal 378 KUHP, pada saksi korban Muhammad Rofik.

Rofik tergiur Untung dari cek bodong senilai Rp. 20 Juta yang ia beli Rp. 17 juta dari tangan terdakwa.

“Mengadili, menyatakan terdakwa Mustofa bin Timbang bersalah, menjatuhkan pidana pada terdakwa selama 1 tahun, dikurangi masa tahanan” kata hakim ketua, I Wayan Sosiawan membacakan amar Putusannya, Kamis (20/12).

Hal yang memberatkan terdakwa menurut hakim, Mustofa telah menikmati uang hasil kejahatannya. Sedangan hal yang meringankan terdakwa mengaku berterus terang selama persidangan dan belum pernah dihukum.

Atas putusan majelis hakim, Penuntut Umum Suryanta Desy Christiani belum mengambil sikap. Jaksa Kejari Tanjung perak ini mengaku hanya mewakili Jaksa Fadhil dalam membacakan tuntutan.

Sebelumnya, Suryanta mengajukan tuntutan 1 tahun 6 bulan pada terdakwa Mustofa. Majelis hakim kemudian melakukan diskusi sesaat dan langsung menjatuhkan hukuman 1 tahun.

Modus Mustofa melakukan penipuan pada saksi korban Muhammad Rofik adalah dengan berpura-pura memiliki cek senilai Rp. 20 juta.

Cek bodong bertuliskan CFK 331740 atas nama CV. Saya Mandiri Surabaya itu dijual pada Rofik sebesar Rp. 17 juta, dengan alasan akan segera kaduarsa apabila tidak segera dicairkan.

Rofik yang mempercayai keterangan terdakwa lalu menyetujui dengan membeli cek bodong tersebut. Setibanya ingin mencairkan di Bank. Cek itu ditolak oleh pihak Bank sebab terdapat keterangan Account Closed (Rekening ditutup).

Saksi korban Rofik lalu menemui Mustofa dan meminta kembali uang yang pernah ia serahkan pada terdakwa.

Namun naas, uang tersebut telah digunakan terdakwa untuk melunasi hutang.

Tidak terima dengan kejadian itu, Rofik akhirnya melaporkan terdakwa pada Polisi.@ [Jn].


Berita Terkait

Tags: ,
Categorised in:

No comment for Tergiur Untung, Rofik Beli Cek Bodong Senilai Rp. 17 Juta

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.