Menu Click to open Menus
Home » Daerah » ” BPKAD Gelar Pembinaan Penyusunan Keuangan Akhir Tahun “

” BPKAD Gelar Pembinaan Penyusunan Keuangan Akhir Tahun “

(62 Views) Desember 23, 2018 11:09 am | Published by | No comment
Spread the love

 

 

Sekretaris Puji Satriyo di dampingi Kabid aset dan akuntansi Margono dan kasubag pelayanan keuangan Indro, membuka acara pembinaan penyusunan keuangan di ruang rapat BPKAD

AWASNEWS.COM, Madiun – Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Madiun menggelar pembinaan kepada seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang ada di lingkup Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Madiun terkait penyusunan laporan keuangan akhir Tahun Anggaran 2018 yang diadakan di Ruang Rapat BPKAD pada, Kamis (20/12).

Hadir pada acara tersebut Kepala BPKAD Kabupaten Madiun, Drs. Rori Priambodo, M.Si yang di wakili Sekretaris Dinas BPKAD, Puji Satriyo, SE. M.Si didampingi Kabid Aset dan Akuntansi, Drs.Ec. Margono , M.Si, dan Bambang Hari, S.Sos Kabid Perbendaharaan, Kasubag Penyusunan Keuangan, Indro Tri Widyantoro, S.Sos serta para peserta bendahara OPD yang berada di lingkup Pemkab Madiun, sebanyak 52 orang untuk diberikan pembinaan dan pemantapan dalam penyusunan laporan keuangan akhir tahun.

Secara terpisah Kepala BPKAD Rori Priambodo mengatakan,” kegiatan ini bersifat pembinaan dan pemantapan bagi OPD pengelola belanja langsung maupun tidak langsung, baik hibah, subsidi, bansos, bagi hasil, bantuan keuangan maupun belanja tak terduga. Mulai perencanaan, pelaksanaan dan pertanggung jawaban semua keuangan harus lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya,” katanya.

Pada dasarnya kegiatan itu dalam rangka menyamakan persepsi antar OPD pengelola keuangan dan belanja tidak langsung, semua kegiatan mulai dari perencanaan, pelaksanaan hingga pengawasannya harus memenuhi azas penting yaitu, taat aturan dan sistem pengendalian internal yang baik. ” Intinya belanja tidak langsung itu bisa dimanfaatkan rakyat untuk meningkatkan kesejahteraan sesuai dengan visi Bupati Madiun,” terangnya.

Rori menambahkan,” Pembinaan dirasa perlu karena setiap OPD wajib membuat laporan secara berkala, baik bulanan, triwulan maupun tahunan, semuanya harus diselesaikan tepat waktu agar tidak Overload. Untuk Pembayaran Langsung (LS) ditutup 17 Desember, dua hari lebih panjang dari pembayaran Ganti Uang (GU) 15 Desember,” ungkapnya.

Untuk itu diharapkan setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) mematuhi mekanisme pembayaran supaya rekening di kas tertutup nol rupiah sampai akhir tahun. ” Nantinya akan ketahuan seandainya ada Silpa (Sisa Lebih Perhitungan Anggaran), kalau uang sudah diambil tapi belum SPJ harus dikembalikan ke Kasda (Kas Daerah),” tandasnya.

Lebih lanjut Rori berharap Opini WTP (Wajar Tanpa Pengecualian) masih bisa dipertahankan dengan segala kondisi yang ada, akan tetapi sulit mempertahankan terlebih BPK akan memeriksa lebih mendalam atas penyajian laporan keuangan. ,” Untuk itu BPKAD harus melaksanakan pembinaan ini untuk kepentingan bersama, supaya opini WTP dapat dipertahankan,” pungkasnya. (Ben).


Categorised in:

No comment for ” BPKAD Gelar Pembinaan Penyusunan Keuangan Akhir Tahun “

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.