Menu Click to open Menus
Home » Hukrim » Sejak Dilantik Presiden, LBH Lacak Sudah Tangani Jutaan Perkara Prodeo

Sejak Dilantik Presiden, LBH Lacak Sudah Tangani Jutaan Perkara Prodeo

(137 Views) Januari 3, 2019 8:44 am | Published by | No comment
Spread the love

AWASNEWS.COM – Sejak berdiri pada tahun 2011 Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Lacak telah menangani jutaan perkara Prodeo atau pemberian bantuan hukum gratis pada masyarakat.

Pernyataan itu ditegaskan oleh Ketua LBH Lacak Fariji. Menurutnya, LBH Lacak berdiri bersamaan dengan disahkannya UU RI No. 16 Tahun 2011, tentang Bantuan Hukum.

“Berdirinya berbarengan dengan disahkannya UU RI No.16 Tahun 2011,” papar Fariji, di Gedung Pengadilan Negeri (PN) Surabaya, Kamis (3/1).

Fariji menjelaskan, saat itu dia dilantik langsung oleh Presiden di Istana Negara berserta ratusan LBH yang sudah terverifikasi.

“130 LBH se Indonesia, 24 diantaranya dari Jatim. Saya dilantik di istana negara oleh presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ,disumpah oleh ketua Mahkamah Agung (MA) diberi sertifikat oleh Menkumham, dan disaksikan oleh jajaran Menkopolhukam.”ungkapnya.

Dalam kurun waktu 2018 kemarin, LBH Lacak mendapatkan pagu anggaran sebesar Rp. 400 juta dari pemerintah untuk menangani perkara prodeo.

Dari sekian jumlah anggaran tersebut menurut Fariji, hanya dapat mengcover kurang lebih 100 perkara. Sedangkan pihaknya dalam kurun waktu 2018 telah menangani kurang lebih sebanyak 500 perkara.

Minimnya anggaran itu menurut Fariji bukan menjadi alasan untuk mengabaikan keinginan pencari keadilan untuk mendapatkan bantuan hukum gratis. Farji menegaskan hal itu merupakan tanggung jawab moral.

“Ditunjuk hakim ya datang, ditelpon polisi juga harus datang, apa saya harus nolak ya tidak bisa” paparnya.

Adapun jumlah penerimaan dari setiap perkara memiliki klasifikasi berbeda hal itu berdasarkan tingkat urutan pengcoverannya.

“Kalau perkara itu mulai dari kepolisian hingga ke pn itu nilainya 5 juta, yang penting incraht, sedangkan kalau ditunjuk hakim itu 3 juta”tandasnya.@ [Jun]


Berita Terkait

Tags: , , ,
Categorised in:

No comment for Sejak Dilantik Presiden, LBH Lacak Sudah Tangani Jutaan Perkara Prodeo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.