Menu Click to open Menus
Home » Hukrim » Kontraktor Penyebab Amblesnya Jalan Raya Gubeng Dicabut haknya Mengikuti Lelang Proyek Pemerintah

Kontraktor Penyebab Amblesnya Jalan Raya Gubeng Dicabut haknya Mengikuti Lelang Proyek Pemerintah

(39 Views) Januari 4, 2019 9:54 am | Published by | No comment
Spread the love

AWASNEWS.COM -Kontraktor pekerja bangunan baru di RS Siloam PT. Nusa Konstruksi Enjiniring (NKE) yang sempat membuat jalan raya Gubeng Surabaya ambles dicabut haknya untuk mengikuti lelang proyek pemerintah selama 6 bulan oleh Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor).

Selain itu, Mejelis hakim Tipikor juga menjatuhkan pidana denda sebesar Rp. 700 juta dan mewajibkan PT. NKE untuk membayar uang pengganti sebesar Rp. 85,4 miliar.

Pidana tersebut terkait perkara korupsi Wisma Atlet Jakabaring Palembang serta RS Pendidikan Khusus Penyakit Infeksi dan Pariwisata Universitas Udayana.

Sebelumnya, Jaksa Penuntut Umum (JPU) KPK menuntut PT NKE untuk membayar denda sebesar Rp1 miliar dan uang pengganti sebesar Rp 188,73 miliar. Menurut jaksa, PT NKE telah memperoleh keuntungan dari delapan proyek pemerintah yang diperolehnya dari Muhammad Nazaruddin dengan jumlah keseluruhan Rp 240,09 miliar.

Sedangkan PT NKE sudah menyetor ke kas negara sebesar Rp 51,36 miliar berdasarkan putusan yang berkekuatan hukum tetap (inkracht) atas nama terpidana Dudung Purwadi. sehingga total kewajiban PT NKE yang tersisa adalah Rp 188,73 miliar.

PT NKE adalah mutasi dari PT Duta Graha Indah (DGI) yang banyak menangani proyek-proyek negara, atas vonis ini PT NKE telah dicabut haknya selama 6 bulan kedepan untuk mengikuti proyek lelang pemerintah.

Atas vonis itu, pihak KPK mengaku Menghormati putusan pengadilan Tipikor tersebut.

“Terkait dengan berat ringan sanksi dan pertimbangan-pertimbangan hakim terhadap fakta-fakta sidang, perlu kami pelajari terlebih dahulu dalam masa pikir-pikir ini,” tandas Jubir KPK Febri Diansyah.@ [Rd]


Berita Terkait

No comment for Kontraktor Penyebab Amblesnya Jalan Raya Gubeng Dicabut haknya Mengikuti Lelang Proyek Pemerintah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.