Menu Click to open Menus
Home » Daerah » LBH MASDES Tuntut Pemda Sumenep Gulirkan Bantuan Perbaikan Perahu Milik Nelayan

LBH MASDES Tuntut Pemda Sumenep Gulirkan Bantuan Perbaikan Perahu Milik Nelayan

(119 Views) Januari 12, 2019 8:45 am | Published by | No comment
Spread the love

AWASNEWS.COM-Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Masdes (Masyarakat Desa), menuntut pihak Pemda Kabupaten Sumenep untuk segera menggulirkan dana bantuan pada nelayan yang perahunya rusak akibat dihantam gelombang tinggi.

Pernyataan itu disampaikan LBH Masdes, saat memberikan sosialisai dan edukasi akan pentingnya advokasi hukum pada ratusan nelayan di Desa Kapedi, Sumenep, Madura, pada Kamis (9/1).

Ketua LBH Masdes Moh. Hasan menyatakan, sejak tragedi rusaknya 14 perahu milik nelayan di Desa Kapedi, Sumenep yang terkena hempasan gelombang tinggi, hingga hari ini belum ada bantuan perbaikan dari pemerintah setempat.

Korban yang perahunya rusak, menurut hasan hanya mendapat bantuan selimut untuk tidur. Padahal yang dibutuhkan adalah biaya untuk perbaikan perahu.

“kejadiannya [Gelombang tinggi] tanggal 23 Des 2018, sekitar jam 12 malam. Nelayan yang terkena dampak bencana cuma dapat bantuan selimut. Padahal yang dibutuhkan nelayan adalah biaya rehab, agar perahu yang rusak bisa di pergunakan lagi untuk mengais rejeki di laut”kata Hasan, Sabtu (11/1).

Hasan mengaku prihatin dengan insiden itu, apa lagi mayoritas nelayan yang perahunya rusak belum terproteksi oleh program asuransi milik pemerintah.

“Lebih memperhatikan lagi para nelayan belum tercover oleh program pemerintah seperti halnya asuransi Jasindo. Untuk itu, nelayan menuntut di-ikutkan asuransi tersebut”kata dia.

Selain itu, Hasan menambahkan. Para nelayan juga harus dituntut kreatif untuk menciptakan badan atau usaha – usaha baru disamping melaut. Hal itu menurutnya dilakukan agar dapat meningkatkan perekonomian masyarakat.

Melalui penyuluhan itu, Hasan merencanakan bakal membentuk suatau Badan Usaha Milik Rakyat (BUMIRA) dengan kepesertaan modal secara gotong royong.

“Sudah saatnya para nelayan menjadi pemimpin di kampung halamannya sendiri dan bukan hanya menjadi penonton saja”tandasnya.

Sementara itu, Badan Penaggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumenep, melalui Sekretarisnya Bahaudin menyatakan, dana bantuan untuk perbaikan perahu yang rusak itu sudah diajukan oleh pihaknya pada pemerintah.

Dia menegaskan dana untuk perbaikan perahu nelayan yang terkena gelombang tinggi itu secepatnya akan segera turun.

“Kami sudah mengajukan bantuan kepada Bupati dan insyaallah akan segera turun bantuan itu,”papar Bahaudin.@ [Jun].


No comment for LBH MASDES Tuntut Pemda Sumenep Gulirkan Bantuan Perbaikan Perahu Milik Nelayan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.