Menu Click to open Menus
Home » Hukrim » Dianggap Lindungi DPO, Polsek Karang Penang Dilaporkan Ke Mabes Polri

Dianggap Lindungi DPO, Polsek Karang Penang Dilaporkan Ke Mabes Polri

(465 Views) Januari 18, 2019 2:39 pm | Published by | No comment
Spread the love

AWASNEWS.COM-Kinerja Polsek Karang Penang, Sampang, Madura, Jatim, disoal sejumlah masyarakat. Pasalnya, lembaga kepolisian diwilayah hukum Polda Jatim ini dianggap melindungi salah seorang DPO Kasus Pencurian.

Adalah Hodari, warga Pakmarakan, Desa Tlambah, Kecamatan Karang Penang, Sampang, Madura. Mengaku melaporkan Polsek Karang Penang berikut Polres Sampang, Ke Mabes Polri di Jakarta.

Pelaporan itu dilakukan kuasa hukumnya, Moh. Hasan SH dari Lembaga Bantuan Hukum Masyarakat Desa (LBH Masdes), yakni divisi hukum dari Lembaga Pengawas Korupsi dan Pemantau Penegak Hukum Indonesia (LPKP-2HI).

“14 Januari [2019] kami layangkan pengaduan pada Mabes polri di Jakarta”Kata Hasan, Jumat (18/1).

Selain ke Mabes Polri, laporan berbentuk surat itu juga ditembuskan pada beberapa pihak diantaranya Kompolnas, Komnas HAM, Kapolda Jatim dan Kapolres Sampang.

Diterangkan Hasan, Hodari merupakan korban pencurian yang dilakukan oleh tiga orang pelaku antara lain Tap’i, Mustofa Ali dan Muamar (DPO).

Ketiga pelaku itu melakukan pencurian sebuah unit motor milik Hodari dirumah korban pada Jum’at malam, 30 September 2016, sekira pukul 23:00 WIB.

Aksi pencurian itu kemudian dilaporkan korban pada Polsek Karang Penang.

Dua dari tiga pelaku berhasil dibekuk polisi dan dijerat menggunakan pasal 363 tentang pencurian dengan pemberatan.

Sedangkan seorang pelaku lagi yang bernama Muamar belum berhasil ditangkap, kendati demikian, Muamar telah ditetapkan sebagai salah satu Daftar Pencarian Orang (DPO) oleh Polisi.

“Meski berstatus DPO, yang bersangkutan masih bebas berkeliaran di rumahnya tanpa ada proses lebih lanjut” ungkap Hasan.

Menurut Hasan, pada beberapa waktu yang lalu pernah ada seseorang yang mendatangi korban dan berniat mengganti motor yang di curi oleh Pelaku.

Oknum tersebut kata Hasan, mengaku sebagai utusan dari penyidik, dan menginginkan perdamaian dengan cara mengganti motor yang telah di curi oleh Muamar dkk.

“Sesuai keterangan klien kami seperti itu, Namun kami lebih memilih proses hukum ini terus berlanjut” tandasnya.

Atas dasar pengakuan dari korban tersebut, Hasan menilai ada sesuatu yang perlu ditelusuri sehingga melaporkan perkara ini pada Mabes Polri.@ [Jun]


Berita Terkait

No comment for Dianggap Lindungi DPO, Polsek Karang Penang Dilaporkan Ke Mabes Polri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.