Menu Click to open Menus
Home » Hukrim » Bos SPBU Di Surabaya Jadi Saksi Kasus Penggelapan Dalam Jabatan

Bos SPBU Di Surabaya Jadi Saksi Kasus Penggelapan Dalam Jabatan

(207 Views) Januari 24, 2019 12:26 pm | Published by | No comment
Spread the love

AWASNEWS.COM – Pemilik UD Helen Soewignyo, Steven Astono. Dihadirkan sebagai saksi atas kasus penggelapan yang dilakukan oleh terdakwa Mieske Issabella Valentine Huliselan, yang merupakan karyawannya sendiri.

UD Helen Soewignyo merupakan anak perusahaan Swadaya Lestari Line (SSL) yang bergerak di bidang Stasiun Pengisian Bahan Bakar Untuk Umum (SPBU).

Pada April 2017 lalu, Steven mengaku mengetahui adanya transaksi keuangan yang tidak wajar di perusahaannya.

“Saya menemukan bon fiktif atas nama saya, banyak sekali.” ungkap Steven, saat memberikan keterangan di Pengadilan Negeri Surabaya, Kamis (23/1).

Bon fiktif tersebut menurut Steven senilai Rp. 2.2 miliar, yang dibuat oleh terdakwa dari kurun waktu 2014 hingga 2017.

“Satu (1) April 2017 saya mulai curiga, saya waktu itu mau narik uang di bank, tapi terdakwa mengatakan uang minim”terangnya.

Pemilik SPBU di Jalan Mayjend Sungkono No. 47 Surabaya itu juga menerangkan, bahwa terdakwa telah bekerja di perusahaannya sebagai kasir selama kurang lebih 8 tahun.

Selama kurun waktu tersebut, Steven mengaku percaya penuh pada terdawa hingga jarang melakukan pengecekan keuangan perusahaan.

“Dia memang orang kepercayaan saya, Awalnya saya tidak curiga, karena saya percaya penuh pada terdakwa.”kata Steven.

Dalam perusahaan tersebut, imbuh Steven. Terdakwa memiliki wewenang untuk menerima uang pembelian dan juga transaksi keuangan lainnya, namun kepercayaan yang diberikan oleh perusahaan itu diselewengkan oleh terdakwa.

Uang sebesar Rp. 2,2 miliar itu diakui terdakwa diambil untuk memenuhi kepentingan pribadinya,antara lain untuk membayar DP Mobil dan membayar angsuran serta untuk memenuhi gaya hidup terdakwa yang serba glamor.

Atas perbuatannya itu, Jaksa Penuntut Umum (JPU) Rakhmad Hari Basuki dan Djuariyah menjerat Mieske dengan dakwaan melanggar pasal 374 KUHP tentang Penggelapan dalam jabatan.@ [Jun]


No comment for Bos SPBU Di Surabaya Jadi Saksi Kasus Penggelapan Dalam Jabatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.