Menu Click to open Menus
Home » Hukrim » Vonis 4 Bulan Pada Hamid, Maxi Sigarlaki: Saya Milihatnya Seorang Melakukan Pidana [Tapi] Tidak Melapor

Vonis 4 Bulan Pada Hamid, Maxi Sigarlaki: Saya Milihatnya Seorang Melakukan Pidana [Tapi] Tidak Melapor

(78 Views) Januari 28, 2019 3:54 pm | Published by | No comment
Spread the love

AWASNEWS.COM-Vonis 4 Bulan yang dijatuhkan majelis hakim yang diketuai Maxi Sigarlaki pada terdakwa kasus peredaran narkotika M. Hamid, menurutnya sesuai dengan pasal yang dituntutkan oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) Nurachman.

“[Terbukti] Ada perbuatan tapi tidak melaporkan, atas dasar itu Jaksa menuntut 6 bulan. Lazimnya majelis hakim setelah mempelajari menjatuhkan vonis 2/3 dari tuntutan.”Kata Maxi Sigarlaki, di gedung Pengadilan Negeri (PN) Surabaya, Senin (28/1).

Pasal tuntutan JPU dimaksud Maxi ialah Pasal 131 Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika.

Dalam pasal itu dijelaskan Maxi terdapat tiga unsur, yang pertama unsur setiap orang, kedua unsur dengan sengaja dan yang ketiga tidak melaporkan adanya tindakan pidana narkotika.

Jika memenuhi unsur pada pasal tersebut, yang bersangkutan dapat dikenakan pasal yang dimaksud dengan ancaman hukuman satu tahun penjara dan atau denda maksimal Rp 50 juta.

“Saya melihatnya seseorang melakukan perbuatan pidana tidak melaporkan, mestinya kalau undang-undang lain itu kan hak, tapi kalau undang-undang narkotika itu wajib [melaporkan]”papar Maxi.

Dalam kasus ini, Moh. Hamid didakwa oleh penuntut umum dengan pasal 114 ayat (2) Jo Pasal 131 UU-RI Nomer 35 tahun 2009 tentang Narkotika.

Namun, Pada jalannya persidangan terungkap sejumlah fakta melalui alat bukti dan saksi, bahwa perbuatan Hamid telah memenuhi unsur pidana yang termuat dalam pasal 131, sehingga Jaksa menuntutnya dengan tuntutan selama 6 bulan penjara.

Narkotika jenis sabu seberat 5 gram itu diakui Hamid merupakan milik dari Rofik, salah seorang bandar sabu yang masuk dalam Daftar Pencarian Orang (DPO) pihak Kepolisian.

Hamid dalam persidangan juga mengakui bahwa sabu itu merupakan jenis obat-obatan terlarang. Namun pengetahuannya tersebut tidak digunakan untuk melapor pada pihak berwajib sehingga ia harus menerima sanksi hukuman pidana.@**id


Tags: ,
Categorised in:

No comment for Vonis 4 Bulan Pada Hamid, Maxi Sigarlaki: Saya Milihatnya Seorang Melakukan Pidana [Tapi] Tidak Melapor

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.