Menu Click to open Menus
Home » Hukrim » Dakwaan Jaksa Pada Ahmad Dhani Memuat Subyek Hukum Tidak Jelas

Dakwaan Jaksa Pada Ahmad Dhani Memuat Subyek Hukum Tidak Jelas

(65 Views) Februari 8, 2019 4:17 pm | Published by | No comment
Spread the love

AWASNEWS.COM – Perkara ujaran kebencian yang didakwakan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Rakhmad Hari Basuki, yang ditujukan kepada Ahmad Dhani tidak memuat legal standing subyek hukum dengan jelas.

Hal itu diutarakan kuasa hukum Ahmad Dhani, Sahid SH. Menurut dia, penerapan dari pasal 27 ayat 3 UU ITE harus memuat dengan jelas tentang pasal yang didakwakan kepada kliennya.

“Kalau orang harus di sebut nama orangnya dengan jelas [nama lengkap], Kalau organisasi harus jelas sebut nama organisasinya apa, Itu bunyi pasal 27 ayat tiga (3). Sementara ahmad Dhani tidak menyebut nama seseorang atau organisasi apa” Terang Sahid melalui keterangan tertulisnya, Jumat (8/1).

Maksud dari pernyataan Sahid ialah Vlog Vidio yang memuat kata ‘idiot’. Namun kata idiot itu menurut Sahid tidak ditujukan atau dimaksudkan untuk menyerang pada pribadi atau pihak tertentu.

Sahid menilai, seharusnya yang melaporkan adalah Ahmad Dhani, sebab dia telah dipersekusi saat akan menghadiri deklarasi #2019GantiPresiden yang digelar di tugu pahlawan Surabaya, pada Agustus 2018.

Aksi persekusi kepada Ahmad Dhani, kemudian diabadikan lewat sebuah vlog Vidio yang tersebar viral dibeberapa media sosial (Sosmed).

Kata “idiot” itulah yang dijadikan alat bukti oleh penyidik untuk memproses Ahmad Dhani.

“Seharusnya Ahmad Dhani yang melapor dia sudah di persekusi dan di rugikan tidak bisa hadir ke deklarasi karna di demo banyak orang, karna sebab apa juga kurang jelas,”kata Sahid.

Deklarasi #2019GantiPresiden sendiri merupakan ekspresi untuk mengemukakan pendapat di muka umum, namun sejumlah pihak memaknai aksi itu dengan artian lain bahkan disebut sebagai aksi makar.

Perkara persekusi itu kemudian dilaporkan oleh Ahmad Dhani pada Polrestabes Surabaya, namun hingga kini laporan tersebut belum menunjukkan perkembangan atau stagnan.

Sahid kembali menandaskan, bahwa pasal yang didakwakan Penuntut Umum pada Ahmad Dhani adalah dakwaan kabur. Untuk itu pihaknya merasa wajib untuk melayangkan nota keberatan atau eksepsi.

“Makanya dari itu pasal yang di dakwakan JPU kabur dan tidak jelas, saya sebagai kuasa hukum dari terdakwa Ahmad Dhani wajib eksepsi atas dakwaan tersebut,”tandasnya.@ [Jun].


Berita Terkait

Tags: ,
Categorised in:

No comment for Dakwaan Jaksa Pada Ahmad Dhani Memuat Subyek Hukum Tidak Jelas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.