Menu Click to open Menus
Home » Hukrim » Ribuan Penghuni Perum Wisata Bukit Mas Tidak Keberatan Tarif IPL

Ribuan Penghuni Perum Wisata Bukit Mas Tidak Keberatan Tarif IPL

(59 Views) Februari 16, 2019 8:55 am | Published by | No comment
Spread the love

AWASNEWS.COM – Sebanyak 1.000 orang lebih dari total penghuni perumahan Wisata Bukit Mas Surabaya, yang mencapai 1.490 orang, tidak keberatan dengan tarif Iuaran Pengelolaan Lingkungan (IPL) yang ditentukan pihak developer atau PT Binamaju Mitera Sejati (BMS).

Pernyataan itu diungkap kuasa hukum PT BMS Wellem Mintarja SH. Menurutnya, dari jumlah total warga penghuni perumahan hanya sekitar 200 orang saja yang keberatan dengan tarif IPL itu.

“Kurang lebih 200 [orang] warga yang kurang berkenan atau keberatan dengan kenaikan [IPL] sehingga melakukan gugatan Class Action. Jadi bukan seperti yang didalilkan penggugat jumlahnya 350 an.”Papar Wellem, Kamis (15/2).

Adapun besaran tarif IPL yang ditentukan oleh pengembang menurut Wellem ialah Rp. 2.100 per meter persegi.

“Jadi tidak benar ada iuran Jutaan rupiah, kecuali bagi mereka yang menunggak iuran dari kurun waktu 2017. Jumlahnya ada sekitar 20 orang.”ungkapnya.

Kedua belah pihak dalam hal ini kata Wellem, baik itu penggugat maupun tergugat, telah menyatakan sepakat untuk dan oleh karena itu tunduk dan masuk kepada perjanjian yang tertuang dalam PPJB, BAST dan TATIB.

“Dengan kesepakatan tersebut, maka berlaku mutlaklah asas konsensualitas (Pasal 1320 KUHPerdata) yang merupakan kekuatan Undang-Undang bagi para pihak (Pasal 1338 KUHPerdata). Jadi tidaklah ada Perbuatan melawan hukum yang telah dilakukan oleh Tergugat.”kata Wellem.

Dasar hukum tersebut kata Wellem, dikuatkan dengan ketentuan pada pasal 89 ayat 2 Undang-undang Nomor 1 tahun 2011 tentang perumahan dan kawasan pemukiman, bahwa pemeliharaan sarana dan utilitas umum untuk lingkungan hunian wajib dilakukan oleh pemerintah, pemerintah daerah dan/atau badan hukum.

“Jadi sudah selayaknya apabila pengelolaan lingkungan belum dikelola oleh pemerintah kota, maka Pihak pengembang selaku badan hukum berhak untuk melakukan pengelolaan lingkungan Perumahan Wisata Bukit Mas”pungkasnya.@ [Jun]


Berita Terkait

No comment for Ribuan Penghuni Perum Wisata Bukit Mas Tidak Keberatan Tarif IPL

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.