Menu Click to open Menus
Home » Hukrim » Kuasa Hukum PT. Sipoa Group Dukung Aksi Konsumen Demo Kejati Jatim

Kuasa Hukum PT. Sipoa Group Dukung Aksi Konsumen Demo Kejati Jatim

(46 Views) Februari 21, 2019 4:00 am | Published by | No comment
Spread the love

AWASNEWS.COM – Aksi pengepungan dan penyegelan yang dilakukan konsumen Sipoa pada gedung Kejati Jatim diapresiasi oleh tim Penasihat Hukum (PH) PT. Sipoa Group.

Salah satu dari tim Kuasa Hukum PT. Sipoa Group IGN Boli Lasan SH.MA.MKn menyatakan mendukung aksi demo itu. Menurutnya, aksi yang dilakukan para konsumen sipoa tersebut dinilainya sebagai upaya untuk menuntut hak.

“Saya mendukung gerakan para korban sipoa tersebut karena bertujuan baik demi perlindungan hak para korban sipoa.”kata Boli pada awasnews.com, Kamis (21/2).

Boli menerangkan, upaya hukum banding yang diajukan Kejati Jatim atas vonis 6 bulan yang dijatuhkan Pengadilan Negeri Surabaya pada Klemens Sukarno Candra, Budi Santoso dan Aris Birawa dapat menghambat rencana pengembalian uang yang dilakukan terdakwa pada korban.

“Salah satu tujuan penegakan hukum adalah memberikan manfaat bagi para pencari keadilan. Saat ini para korban sipoa melihat bahwa upaya banding yang dilakukan JPU hanyalah menjauhkan para korban sipoa dari hak-nya tersebut.”kata dia.

Tim pembela dari PT. Sipoa Group juga mempertanyakan kegigihan pihak Penuntut Umum yang tetap melakukan banding. Padahal mayoritas korban menginginkan jaksa untuk tidak menempuh upaya hukum itu.

“Menjadi sebuah pertanyaan bersama ngototnya JPU untuk menyatakan banding sebenarnya untuk kepentingan siapa ?,” kata Boli.

Menurut Boli, penegakan hukum mestinya tidak memakai kaca mata kuda tapi harus komperhensif, bersifat membangun dan membina bukan semata-mata menghukum seseorang. Penegakan hukum kata Boli, harus bermanfaat bagi pencari keadilan sesuai dengan azas hukum itu sendiri.

Para terdakwa menurut Boli, Saat ini memiliki asset perusahaan yang nilainya lebih dari cukup untuk mengembalikan uang para korban sipoa. Sehingga menurut dia, adalah sangat layak para terdakwa diberikan keringanan hukuman.

“Kami berharap terdakwa tidak berlama-lama dalam tahanan, guna lebih leluasa mengupayakan penjualan asset untuk mengembalikan dana para korban sipoa.”ungkapnya.

Seperti diketahui sebelumnya, ratusan orang yang tergabung dalam Paguyuban Customer Sipoa (PCS) mengepung Gedung Kejati Jatim pada Selasa (19/2).

Aksi itu dilakukan atas tindak lanjut Kejati Jatim yang tetap bersikukuh malakukan upaya hukum banding atas vonis 6 bulan yang dijatuhkan Pengadilan Negeri Surabaya pada para direksi PT. Sipoa Group, yakni Klemens Sukarno Candra, Budi Santoso dan Aris Birawa.

Massa bahkan mengikat pintu masuk sisi Selatan Kejati Jatim dengan tali dan memasang tulisan tolak banding di pintu pagar gedung Kejati Jatim.@ [rd]


No comment for Kuasa Hukum PT. Sipoa Group Dukung Aksi Konsumen Demo Kejati Jatim

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.