Menu Click to open Menus
Home » Hukrim » Ahmad Dhani Belum Terima Surat Perpanjangan Penahanan

Ahmad Dhani Belum Terima Surat Perpanjangan Penahanan

(53 Views) Maret 2, 2019 4:30 pm | Published by | No comment
Spread the love

AWASNEWS.COM – Ahmad Dhani Prasetyo sampai detik ini belum menerima surat perpanjangan penahanan yang dikeluarkan oleh Pengadilan Tinggi (PT) DKI Jakarta.

Pernyataan tersebut diutarakan kuasa hukum Ahmad Dhani, Sahid. Menurutnya, Dhani juga belum mendatangani surat perpanjangan penahanan yang dimaksud.

“Belum menerima sampai sekarang, Dhani gak pernah menerima perpanjangan atau menandatangani perpanjangan penahanan.”ungkap Sahid, Sabtu (2/3)

Sementara, Kasi Penkum Kejati Jatim Richard Marpaung mengklaim telah memberitahukan surat tersebut pada keluarga dan juga Ahmad Dhani.

Richard juga menyatakan bahwa pihaknya akan melakukan cara paksa untuk melakukan upaya penahanan pada Ahmad Dhani.

“Jaksa hanya bertanggung jawab memberitahukan kepada yang bersangkutan dan keluarganya. Kalau menolak tanda tangan tidak masalah. Kami lakukan upaya paksa,” kata dia.

Pernyataan Richard tersebut dinilai Sahid tidak memiliki dasar hukum. Perpanjangan penahanan pada seorang terdakwa menurut Sahid harus secara resmi ditandatangani oleh pihak yang bersangkutan.

“Seharusnya secara resmi persetujuan menandatangani, menerima surat perpanjangan penahanan, Dhani menolak dengan alasan dasar hukum apa diperpanjang. Dia tidak sedang dalam proses sidang penahanan kasus di PN Jakarta selatan, kecuali Ahmad dhani dalam menjalankan proses sidang dan masa penahanannya habis itu bisa diperpanjang dengan alasan kebutuhan persidangan.”papar Sahid.

Surat perpanjangan penahanan selama 60 hari yang dikeluarkan PT DKI Jakarta sendiri di sebut Sahid telah melampaui wewenang, Bahakan ditengarai telah over kewenangan.

“Justru melampui wewenang dan diduga menyalahgunakan wewenang.”ujarnya.

Pihak keluarga menurut Sahid, juga tidak menerima perlakuan yang diterima oleh Dhani. Mereka berencana melaporkan PT DKI Jakarta ke Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (KomnasHam).

“Keluarganya Ahmad Dhani mau mengadu ke komnas HAM, karna ada indikasi dan mengarah ke pelanggaran HAM.”paparnya.

Perhitungan penahanan yang dikeluarkan PT DKI Jakarta pada Ahmad Dhani, dia seharusnya telah keluar dari rutan pada 2 Maret 2019 pukul 00:00 Wib. Namun pihak pengadilan tiba-tiba mengeluarkan surat perpanjangan selama 60 hari kedepan tepatnya sampai 30 April 2019.

Surat perpanjangan penahanan pada Ahmad Dhani tersebut juga dinilai janggal, sebab hanya ditandatangani oleh wakil ketua PT DKI Jakarta.@ [Jun]


Berita Terkait

Tags: ,
Categorised in:

No comment for Ahmad Dhani Belum Terima Surat Perpanjangan Penahanan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.