Menu Click to open Menus
Home » Hukrim » Praperadilan PT Legong Bali Diselesaikan Dengan Cabut Cabutan

Praperadilan PT Legong Bali Diselesaikan Dengan Cabut Cabutan

(79 Views) Maret 22, 2019 6:50 am | Published by | No comment
Spread the love

AWASNEWS.COM – Pembacaan putusan praperadilan antara Johan Imanuel Subagio Bakti melawan Polda Jatim dipengadilan Negeri Surabaya mendadak batal dibacakan. Hakim tunggal Julien Mamahit melakukan skorsing selama kurang lebih 10 menit setelah kuasa hukum Johan mengajukan surat pencabutan.

Bersamaan dengan skorsing tersebut tim Bidang hukum dari Polda Jatim terlihat mendapat telepon dari seseorang, dan langsung mengangkat hendphone genggam miliknya.

“Saya skorsing ya, ini persidangan soalnya masak telpon-telponan.”kata Hakim tunggal Julien Mamahit, sambil mengetok palu tanda sidang diskorsing sementara. Jumat (22/3).

Empat orang yang mengaku sebagai tim advokat Polda Jatim yang diketuai Muhailimin kemudian keluar dari ruang sidang, satu diantara mereka terus melakukan perbincangan melalui sambungan telepon dangan nada pelan.

Awak media hanya mendengar lontaran kata “siap dan siap” beberapa kali dari salah seorang Bidkum Polda Jatim tersebut.

Sidang kembali digelar hakim Julien setelah masa skorsing habis. Hakim kemudian membacakan surat pencabutan yang diajukan kasa hukum pemohon ptaperadilan.

Surat pencabutan tersebut pada intinya menyatakan bahwa pemohon praperadilan yakni Johan dan Liem Hermin mencabut praperdailan yang ia layangkan pada Polda Jatim, Dengan alasan antara pelapor dan terlapor sudah terjadi kesepakatan damai dan mencabut laporan.

Setelah dibacakan hakim, tim kuasa hukum Polda Jatim tanpa pikir panjang juga langsung sepakat dan menyetujui permohonan pencabutan tersebut.

“Karena ini sudah dilakukan perdamaian kedua belah pihak kami setuju yang mulia.”ujar Muhailimin.

Sementara, dari kuasa hukum pemohon praperadilan menerangkan, proses perdamaian itu dilakukan sehari menjelang putusan, dan telah diakte notariilkan di notaris pada pagi harinya.

Tadi malam mulai ada kata sepakat kita teruskan sampai tadi pagi di notaris Edi, kita tanda tangan, sepakat kita cabut semua.”Kata Jamal, Salah satu kuasa hukum pemohon Praperadilan, di Gedung PN Surabaya. Jumat (22/3).

Dijelaskan Jamal, pencabutan tersebut juga disertai pencabutan laporan Silvie pada Johan dan Hermin di Polda Jatim.

“Ini kan masalah keluarga mereka sepakat diselesaikan dengan syarat praperadilan dicabut, laporan pidana di cabut. Kalau dicabut selesai SP3 kan jadinya.”kata Jamal.

Diketahui sebelumnya, Direktur Utama PT Legong Bali Nusantara Johan Imanuel Subagio Bakti, dan Komisarisnya Liem Hermin ditetapkan tersangka oleh penyidik Polda Jatim.

Keduanya disangkakan pasal berlapis yakni pasal 372 Jo pasal 378 tentang penipuan dan penggelapan.Tidak hanya itu, mereka juga dikenakan pasal alternatif lainnya. Yakni pasal 374 tentang penggelapan dalam jabatan Jo pasal 263 KUHP tentang pemalsuan serta Pasal 3 pasal 4 dan pasal 5 UU RI Tahun 210 tentang pencucian uang.

Pengusaha Kerupuk terkenal di Jawa timur itu dilaporkan oleh Silvie, Kakak ipar dari Johan yang juga merupakan menantu dari Liem Hermin Pujiastuti. Pelapor dalam perkara ini memiliki saham sebanyak 300 lembar diperusahaan namun mengklaim telah digelapkan oleh kedua tersangka.@ [Jn]


Berita Terkait

No comment for Praperadilan PT Legong Bali Diselesaikan Dengan Cabut Cabutan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.