Menu Click to open Menus
Home » Hukrim » Divonis Ringan, Dua Terdakwa Narkoba Salami Jaksa

Divonis Ringan, Dua Terdakwa Narkoba Salami Jaksa

(69 Views) Maret 29, 2019 6:28 am | Published by | No comment
Spread the love

AWASNEWS.COM – Disela-sela kesibukan para wartawan dengan sidang Ahmad Dani, Majelis Hakim Pengadilan Negeri (PN) Surabaya di ketahui menjatuhkan vonis borongan dengan hukuman ringan kepada dua terdakwa narkoba.

Dua terdakwa tersebut yakni, Mustakim Bin Marjuki dan Gugus Supriyanto Bin Suparto. Keduanya diborong dalam satu putusan diruang Candra PN-Surabaya.

“Menjatuhkan pidana kepada terdakwa Mustakim Bin Marjuki dan Gugus Supriyanto Bin Suparto, dua tahun penjara,” baca hakim ketua Rochmad yang menggelar sidang secara singkat diruang Candra PN-Surabaya kamis (28/03).

Hal yang memberatkan menurut majelis hakim, disebabkan kedua terdakwa tidak patuh pada program Pemerintah. Sedangkan hal yang meringankan, keduanya berlaku sopan, belum pernah dihukum dan punya tanggungan keluarga.

Putusan ini sangat jauh dari tuntutan JPU Adhiem dari Kejaksaan Negeri Tanjung Perak, Surabaya, yang menuntut kedua terdakwa 7,6 (tujuh tahun enam bulan), denda Rp 800 juta dan atau Subsidair 6 bulan penjara.

Usai mendengarkan putusan hakim. Jaksa Adhiem menyatakan pikir-pikir dengan menampakkan raut wajah berseri-seri dan melempar senyuman.

Sedangkan kedua terdakwa terlihat terharu dengan putusan ringan itu, mereka langsung menyatakan menerima dan menyalami Majelis hakim yang menyidangkan.

Secara terpisah, jaksa Adhiem yang ditanya wartawan terkait denda atau subsidair yang dijatuhkan Rochmad pada kedua terdakwa, dia mengaku kurang tahu sebab majelis hakim membacakan amar putusan dengan suara lirih.

“Kurang paham, Karena Pak Rochmad bacanya kurang keras jadi tidak jelas berapa denda atau subsidairnya,”paparnya.

Adhiem juga meralat akan pernyataan pikir-pikir yang dia nyatakan pada majelis hakim. Secara pribadi pihaknya memastikan akan melakukan upaya hukum banding.

“Pasti [Banding], tapi mesti laporan dulu sama atasan”singkatnya.

Dijelaskan dalam tuntutan jaksa, kedua terdakwa pemilik sabu 0,27 gram ini dinyatakan terbukti memiliki, menguasi dan atau memakai narkotika golongan satu bukan tanaman, dengan cara melawan hukum.

Karena atas perbuatan itulah JPU Adhiem mendakwa keduanya dengan Pasal 112 ayat (1) jo Pasal 132 ayat (1) UURI No.35 Tahun 2009 tentang narkotika golongan satu dan kemuduan menuntut keduanya dengan tuntutan 7,6 (tujuh tahun enam bulan penjara).@ [Jn]


Berita Terkait

Tags: ,
Categorised in:

No comment for Divonis Ringan, Dua Terdakwa Narkoba Salami Jaksa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.