Menu Click to open Menus
Home » Opini » Personel Koramil 0825/21 Kalipuro ,ikut Peran Serta Dukung Program Puskesmas.

Personel Koramil 0825/21 Kalipuro ,ikut Peran Serta Dukung Program Puskesmas.

(49 Views) April 8, 2019 11:58 am | Published by | No comment
Spread the love

 

 

 

 

 

AWASNEWS.COM  Sesuai dengan Sistem Kesehatan Nasional,  diselenggarakan melalui upaya kesehatan peran serta Masyarakat, Puskesmas, dan rujukan upaya  kesehatan, Puskesmas berfungsi sebagai pusat pengembangan peran serta masyarakat, pusat pembinaan masyarakat serta pusat pelayanan kesehatan masyarakat.

Dalam rangka membina petugas Puskesmas untuk bekerjasama dalam tim sehingga fungsi Puskesmas bisa berjalan baik.

Puskesmas Kelir Kecamatan Kalipuro, bertempat di salah satu ruangan Kantor Puskesmas Kelir dilaksanakan kegiatan Sosialisasi Lintas Sektor dan Pembinaan Peningkatan Kapasitas Kader tentang Imunisasi,08/04/2019

Kegiatan lintas sektor yang dilaksnakan oleh  Puskesmas Kelir tersebut merupakan suatu pertemuan antar petugas Puskesmas dengan sektor terkait (lintas Sektoral) guna meningkatkan kerjasama tim.

Memantau cakupan pelayanan Puskesmas serta meningkatkan fungsi Puskesmas, sehingga diperlukan dukungan kerjasama lintas sektor.

Drg.Nurhidayah Kepala Puskesmas Kelir Kecamatan Kalipuro dalam sambutannya menuturkan,” Sosialisasi Lintas Sektor dan Pembinaan Peningkatan Kapasitas Kader tentang Imunisasi, di era JKN harapan 2019 semua peserta sudah beranggotakan BPJS/JKN (Mandiri/Biaya Pemerintah, Imunisasi 2018  *ORI/Imunisasi Program Nasional,* sudah selesai dilaksanakan,

“Harapan dukungan Bhabinkamtibmas & Babinsa untuk membantu orangtua anak/sekolah tolak imunisasi”

Harapan Masyarakat yg sudah ODF, memiliki jamban  masing-masing rumah, bersama-sama merubah kebiasaan warga untuk BAB di Sungai  beralih ke Jamban,”tuturnya.

Sedangkan Paparan Materi Sosialisasi Lintas Sektor dan Pembinaan Peningkatan Kapasitas Kader tentang Imunisasi oleh Bidan Endang Palarsih .

Menurut Bidan Endang Palarsih menuturkan, Program Imunisasi salah satu upaya untuk turunkan kesakitan, kematian dan kecacatan pada anak,  tercapainya tujuan umum menurunnya kesakitan, kematian dan kecacatan pada anak dan tujuan Khusus, keberhasilan Eradikasi cacar, bebas folio dan turunnya angka kematian akibat campak, Imunisasi Permenkes No.42 th.2013, Imunisasi wajib, tambahan dan rutin, Imunisasi Dasar pada Bayi dari Lahir sampai usia 9 Tahun dan terjadwal sesuai dengan Program Pemerintah, ujarnya

Paparan Sosialisasi Lintas Sektor tentang Asuhan Mandiri Penyehat Tradisional oleh Ibu Susiani yaitu terkait Group/Kelompok membuat Taman-Taman Tanaman Obat Tradisional, Ibu-ibu PKK gerakkan mendukung kegiatan tersebut.

Sedangkan Bhabinkamtibmas dan Bhabinsa harapan sumbangkan bibit Tanaman Obat dan Bantu kegiatan tersebut, Kepala Desa bantuan untuk dibuatkan SK, Pelatihan Penanaman Obat Tradisional dan acute pressure kepada kelompok/group.

Sementara itu Danramil 0825/21 Kalipuro Kapten Inf Suparman mewakili Dandim 0825 Banyuwangi Letkol Inf Ruli Nuryanto menuturkan,”Untuk mendukung program Upaya Kesehatan Masyarakat dalam rangka peningkatan derajat kesehatan masyarakat, kami dari Kodim 0825 Banyuwangi khususnya Koramil 0825/21 Kalipuro sangat antusias dalam mendorong kesadaran masyarakat tentang kesehatan serta memaksimalkan peranan Puskesmas sebagai pelayanan kesehatan Masyarakat,”tuturnya.

Kegiatan tersebut selain dihadiri oleh personel Koramil 0825/21 Kalipuro juga dan Puskesmas Kelir dihadiri oleh Kepala Desa Kelir Lufti Zuwaini Nurdin, Kepa Desa Telemung Misdi, Kepala Desa Pesucen Maksum, Bhabinkamtibmas Desa Kelir, Desa Pesucen dan Desa Bulusari, Babinsa Desa Kelir, Desa Pesucen, Desa Bulusari. Desa Telemung serta Ibu-ibu PKK dan Kader Imunisasi Puskesmas Kelir Kecamatan Kalipuro Banyuwangi.

(Amin/Pendim)


Categorised in:

No comment for Personel Koramil 0825/21 Kalipuro ,ikut Peran Serta Dukung Program Puskesmas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.