by

Dugaan Korupsi Dana Desa, DPC LSM Korek Laporkan Kades Rawasari

Awasnews, Karawang – DPC LSM Korek (Komunitas Rakyat Ekonomi Kecil) Karawang melaporkan Kepala Desa (Kades) Rawasari, Kecamatan Cilebar, Kabupaten Karawang, ke aparat penegak hukum (APH) Polres Karawang, Polda Jabar, pada Jumat (28/5/2021). Hal tersebut dilakukan karena adanya dugaan korupsi yang dilakukan Subur selaku Kades Rawasari.

Suhanta selaku Ketua DPC LSM KOREK Karawang didampingi kuasa hukumnya Aneng Winengsih, S.H., M.H., mendatangi Polres Karawang untuk melaporkan Kades Rawasari atas dugaan korupsi yang merugikan uang negara. Dana tersebut berasal dari Dana Desa Rawasari tahun anggaran 2020.

“Kami ke sini didampingi kuasa hukum untuk melaporkan Kades Rawasari ke Polres Karawang,” kata Suhanta.

Menurut Suhanta, beberapa hal yang mendasari pelaporan tersebut adalah ditemukannya beberapa kejanggalan dalam realisasi anggaran dana desa. Adapun temuannya adalah sebagai berikut:

  1. Bahwa anggaran dana Desa Rawasari tahun 2020 akan dialokasikan untuk bidang pelaksanaan pembangunan desa sub bidang pendidikan dan sub bidang kesehatan.
  2. Alokasi anggaran untuk sub bidang pendidikan sebesar Rp 22.600.000,- dan sub bidang kesehatan Rp23.260.000,-.
  3. Dalam laporan realisasi APBDes Rawasari alokasi tersebut terealisasi sepenuhnya, namun faktanya anggaran sub bidang pendidikan hanya direalisasikan Rp8.100.000- dan sub bidang kesehatan direalisasikan Rp 6.000.000,-.

Surganya melanjutkan, bahwa dengan adanya temuan tersebut patut diduga ada penyimpangan dalam realisasi anggaran dana Desa Rawasari.

Beberapa bukti yang dilampirkan dalam laporan tersebut yaitu fotocopy laporan realisasi APBDes Rawasari, fotocopy surat penyataan yang ditandatangani Tujiono, S.Pd., selaku guru PAUD Al-Amanah Desa Rawasari.

“Ada beberapa bukti yang kami lampirkan sebagai laporan ke Polres Karawang,” tandasnya.

Pewarta: Dede.

Editor: Andreas P.

banner 300250

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed