by

RS Laporkan Kreator EK-MP, Ketua Cyber Indonesia: RS Justru Dapat Dilaporkan Sebarkan Berita Bohong Atas Tuduhan BuzzerRp

Awasnews, Jakarta – Ketua Cyber Indonesia, Aulia Fahmi S.H mengatakan keterkaitan pasca RS melaporkan seorang artis, menyusul RS melaporkan pegiat media sosial (medsos) atau kreator konten digital Eko Kunthadi dan Mazdjo Pray dengan Nomor Laporan: LP/B/2865/VI/2021/SPKT/Polda Metro Jaya, tanggal 4 Juni 2021, laporannya mengenai pencemaran nama baik melalui media elektronik.

“Kita bingung melihat RS ini, dia kan ahli telematika, hidupnya sehari-hari pasti berhubungan dengan informasi digital. Tapi terlalu baper dengan konten kreasi digital, apakah karena dia mantan menteri jadi tidak boleh tersinggung, siapa saja dilaporkan. Walau tidak ada muatan deliknya yang penting lapor,” ungkapnya kepada Awasnews saat dikonfirmasi di Jakarta, Sabtu (5/6/2021).

Aulia Fahmi menjelaskan, masalah ini berawal dari adanya konten video YouTube antara EK dan MP yang menceritakan seorang bernama RS dengan narasi candaan.

“RS tidak berkaca, dia sendiri sebenarnya kerap melakukan tindakan yang melawan hukum di ruang publik dengan menuduh EK dan MP sebagai ‘buzzerRp’ dan ‘buzzer yang membuat kekacauan atas berbagai masalah’. Ini jelas tuduhan yang menyesatkan, dan bisa dikenakan pasal penyebaran berita bohong yang mengakibatkan kegaduhan, Pasal 14-15 UU No. 1 tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana ancaman hukumannya 10 tahun penjara,” jelas Aulia.

Ketua Cyber Indonesia ini berharap EK dan MP melaporkan balik RS agar atas pernyataan-pernyataannya yang bermuatan berita bohong, dan menyebut langsung nama Eko Kunthadi dan Mazdjo Pray. 

“Kalau pernyataan RS tersebut sampai dilaporkan, mungkin nasibnya akan seperti RS juga yang dulu pernah operasi plastik tapi ngaku dipukuli,” ujarnya.

Editor: M. Andreas P.

banner 300250

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed